Di Balik Liverpool yang Terpuruk, Ada Mantan yang Tetap Yakin

Rifqi Ardita Widianto - Sepakbola
Selasa, 30 Mar 2021 04:00 WIB
Liverpools Mohamed Salah and Liverpools Rhys Williams react after Fulhams Mario Lemina scored his sides first goal during the English Premier League soccer match between Liverpool and Fulham at Anfield stadium in Liverpool, England, Sunday, March 7, 2021. (Clive Brunskill/Pool via AP)
Liverpool terancam gagal finis empat besar. (Foto: AP/Clive Brunskill)
Jakarta -

Status juara bertahan tak menghindarkan Liverpool dari musim yang buruk. Jawara Liga Inggris itu kini terancam gagal finis di zona Liga Champions.

Liverpool terlempar dari persaingan empat besar menuju akhir musim ini. Saat ini tim besutan Juergen Klopp itu menempati posisi tujuh dari 29 laga yang telah dilalui.

Mohamed Salah dkk baru mengumpulkan 46 poin, tertinggal lima poin dari Chelsea di urutan empat yang jadi batas zona Liga Champions. Liverpool sudah menelan sembilan kekalahan sejauh ini, dengan enam di antaranya di kandang sendiri.

Padahal saat juara musim lalu, Liverpool tak sekalipun takluk di Anfield dengan seluruh tiga kekalahan ditelan di laga tandang. Mantan gelandang Liverpool Adam Lallana menyebut ini jadi bukti, bahwa absennya suporter di Anfield karena pandemi COVID-19 berdampak besar ke tim.

Selain itu, ada faktor badai cedera. Seperti diketahui, Liverpool kehilangan tiga pemain kunci di sektor bek tengah. Mereka adalah Virgil van Dijk, Joe Gomez, dan Joel Matip.

Melihat tingkat keparahan cederanya, Van Dijk dan Gomez bahkan kuat diyakini tak akan bisa tampil lagi di sisa musim ini. Namun Lallana percaya pengalaman ini akan jadi pelajaran besar untuk Liverpool musim depan.

"Menurut saya, alasannya jelas terlihat untuk semua orang. Ini jelas musim yang kurang oke, dengan masih ada COVID. Tanpa fans, dan semua orang tahu seberapa besar dampak Anfield dengan hadirnya fans di sana," ungkapnya kepada talkSPORT dikutip Metro.

"Cedera-cedera yang mereka alami, Anda tak bisa bersembunyi dari fakta itu. Itu bukan alasan. Saya tahu banyak pemain di sana dan masih mengobrol, dan mereka tidak akan memakai hal itu sebagai alasan, tapi saya rasa itu merupakan sebab mereka agak kepayahan musim ini."

"Saya lebih dari percaya diri bahwa mereka akan bangkit musim depan, ketika mereka punya beberapa pemain yang kembali dan sejumlah fans yang hadir. Dan mereka juga masih punya banyak hal untuk diperjuangkan musim ini. Saya cukup yakin mereka bakal ingin finis di empat besar, pastinya," imbuh Adam Lallana yang kini memperkuat Brighton & Hove Albion tersebut.



Simak Video "Liverpool Latah Ingin Gaet Chiesa, Juventus Menolak!"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/ran)