Rotasi Gagal Total, Tuchel pun Kesal

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Kamis, 13 Mei 2021 06:00 WIB
Chelseas head coach Thomas Tuchel gestures during the English Premier League soccer match between Chelsea and Arsenal at Stamford Bridge stadium in London, England, Wednesday, May 12, 2021. (Catherine Ivil, Pool via AP)
Thomas Tuchel kesal betul eksperimennya lawan Arsenal gagal total (AP/Catherine Ivil)
London -

Chelsea harus takluk dari tamunya Arsenal dengan skor 0-1. Manajer Thomas Tuchel kesal karena eksperimennya gagal total.

Chelsea menjamu Arsenal di Stamford Bridge, Kamis (13/5/2021) dini hari WIB dalam lanjutan Liga Inggris. Gol tunggal kemenangan tim tamu dibuat Emile Smith Rowe di menit ke-16.

Meski tampil dominan dengan 62 persen ball possesion dan membuat 19 attempts, Chelsea tak bisa mencetak gol. Dari lima kali attempts on target, empat di antaranya mampu dimentahkan Bernd Leno.

Penyelesaian akhir buruk dari para pemain Chelsea plus ketangguhan lini belakang Arsenal jadi penyebabnya. Padahal Arsenal lebih banyak menunggu.

Tapi, jika ada yang patut disalahkan maka Tuchel-lah orangnya. Sebab pria asal Jerman itu merotasi sebagian besar personil di tengah dan depan, mengingat ada laga final Piala FA menunggu Sabtu nanti.

Tujuh perubahan dilakukan dari susunan tim yang mengalahkan Manchester City akhir pekan kemarin, termasuk Kepa Arrizabalaga dimainkan di bawah mistar sebagai pemanasan jelang Piala FA, lalu Billy Gilmour diduetkan dengan Jorginho. Timo Werner, Marcos Alonso, dan Hakim Ziyech disimpan.

"Jelas ini salah kami, bukan yang lain. Kami kalah, itu tanggung jawab kami sepenuhnya. Kami punya banyak peluang. Kami memberikan gol hadiah untuk mereka, entah itu bunuh diri atau bukan," ujar Tuchel seperti dikutip Sky Sports.

"Kami memang tidak cukup tampil oke. Kami tidak bisa tampil seenerjik biasanya," sambungnya.

"Mungkin karena terlalu banyak perubahan dari pertandingan sebelumnya dan saya bertanggung jawab penuh atas itu. Mungkin ini jadi pengingat terakhir untuk kami."

"Saya sebenarnya agak kurang sreg sejak sesi latihan dan saya kurang beruntun karena itu terbukti hari ini. Saya menyesal sekali... kami harusnya bisa menang, bisa kok, tapi kami gagal."

"Saya tidak senang dengan susunan tim saya. Terlalu banyak perubahan dan saya tidak seharusnya melakukan itu. Ada alasan sih di balik ini, tapi saya tidak akan bilang kepada Anda," tutup Thomas Tuchel.

(mrp/ran)