7 Fakta Final Piala FA: Chelsea Vs Leicester

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Sabtu, 15 Mei 2021 15:30 WIB
LEICESTER, ENGLAND - JANUARY 19: Jamie Vardy of Leicester City is challenged by Mason Mount and Thiago Silva of Chelsea  during the Premier League match between Leicester City and Chelsea at The King Power Stadium on January 19, 2021 in Leicester, England. Sporting stadiums around the UK remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors. (Photo by Michael Regan/Getty Images)
Final Piala FA nanti malam akan memanggungkan laga Chelsea vs Leicester City (Foto: Getty Images/Michael Regan)
Jakarta -

Final Piala FA akan mempertemukan Chelsea dan Leicester City. Berikut ini data dan fakta dari laga Chelsea vs Leicester.

Pertandingan Chelsea vs Leicester di final Piala FA akan digelar di Stadion Wembley, Sabtu (15/5/2021) malam WIB. Pertandingan akan kick-off pada pukul 23.15 WIB.

Chelsea ke final usai menyingkirkan Manchester City dengan skor 1-0 di semifinal. Sementara Leicester melaju ke partai puncak setelah menang 1-0 atas Southampton.

Bagi Chelsea, pertandingan kali ini bisa jadi kesempatan untuk menebus kegagalan di final Piala FA musim lalu. Tahun lalu mereka takluk 1-2 dari Arsenal.

Sementara itu, Leicester City akan berusaha untuk mendapatkan gelar juara Piala FA pertamanya. Di antara 24 tim yang pernah juara divisi teratas liga, hanya Leicester yang belum pernah memenangi Piala FA.

Berikut adalah data dan fakta dari laga final Piala FA Chelsea vs Leicester, seperti dirangkum Opta dan BBC:

- Chelsea akan tampil di final Piala FA untuk ke-15 kalinya. Hanya Arsenal (21) dan Manchester United (20) yang lolos lebih sering. Pun hanya Arsenal (14) dan MU (12) yang lebih sering juara daripada Chelsea (8).

- Ini akan jadi penampilan kelima Leicester City di final Piala FA dan yang pertama sejak 1969. The Foxes selalu kalah dalam empat final sebelumnya. Mereka jadi tim yang paling sering tampil di final tanpa sekali pun jadi juara.

- Chelsea lolos ke final Piala FA empat kali dalam lima musim terakhir. Musim lalu mereka jadi runner up setelah kalah dari Arsenal. Tim terakhir yang kalah beruntun di final Piala FA adalah Newcastle pada 1998 dan 1999.

- Chelsea selalu menang dalam tujuh kali pertemuan melawan Leicester City di Piala FA, dua di antaranya di laga replay.

- Ini adalah kali kedua Leicester dan Chelsea berjumpa di final turnamen domestik. The Blues menang 3-2 secara agregat di final Piala Liga Inggris 1964/1965.

- Satu-satunya kemenangan Leicester atas Chelsea di kompetisi piala adalah 2-0 di Stamford Bridge di leg kedua babak kedua Piala Liga Inggris 1983/1984. The Foxes kalah 0-2 di leg pertama dan akhirnya tersingkir lewat adu penalti.

- Chelsea tak pernah menang dalam enam pertandingan Premier League melawan Leicester (D4, L2). Kekalahan 0-2 di King Power Stadium pada Januari lalu adalah pertandingan terakhir Frank Lampard di liga sebagai manajer Chelsea.

(nds/aff)