Rafael Benitez Ditolak Fans Everton, Dibela Legenda Klub

Kris Fathoni W - Sepakbola
Kamis, 01 Jul 2021 22:05 WIB
Newcastle United manager Rafael Benitez reacts on the touchline during the game against Cardiff City, during their English Premier League soccer match at St James Park in Newcastle, England, Saturday Jan. 19, 2019. (Richard Sellers/PA via AP)
Rafael Benitez Ditolak Fans Everton, Dibela Legenda Klub. Foto: Richard Sellers/PA via AP
Jakarta -

Sejumlah fans Everton memprotes keras penunjukan Rafael Benitez sebagai manajer baru klub. Neville Southall, legenda Everton, membela Benitez.

Protes itu muncul terkait fakta bahwa Rafael Benitez pernah enam tahun menangani Liverpool, rival sekota Everton. Sudah begitu, masih ada Evertonian yang tampak sakit hati dengan pernyataan dan tindakan Benitez semasa masih jadi peracik taktik si Merah.

Hal itulah yang lantas memicu gelombang penolakan dari sejumlah fans Everton, setelah Benitez resmi ditunjuk jadi manajer klub tersebut dalam sebuah kesepakatan berdurasi tiga tahun.

Bahkan ada pula spanduk bernuansa ancaman, yang terindikasi ditujukan kepada Rafael Benitez, dipasang di dekat rumah keluarganya. Kepolisian Merseyside pun tengah mengusut hal tersebut.

LIVERPOOL, ENGLAND - OCTOBER 25:  Liverpool Manager Rafael Benitez issues instructions to Yossi Benayoun of Liverpool during the Barclays Premier League match between Liverpool and Manchester United at Anfield on October 25, 2009 in Liverpool, England.  (Photo by Michael Regan/Getty Images)Rafael Benitez semasa di Liverpool. Foto: Michael Regan/Getty Images

Di sisi lain, ada juga juga pro-penunjukan Benitez. Southall, yang pernah bantu Everton meraih sejumlah trofi semasa jadi kiper utama klub itu, masuk jajaran yang pro. Kepada Sky Sports, ia menegaskan sikap pragmatisnya: yang penting Everton sukses, bahkan dengan Benitez sekalipun.

"Secara rasional, dari perspektif ruang direksi itu adalah sebuah penunjukan yang bagus. (Tapi) jika anda seorang Evertonian, ia datang dengan membawa banyak 'bawaan' dari masa lalu dan akan ada banyak suporter yang tidak setuju dengan penunjukan ini."

"Namun, saat ini ia sudah datang dan menurut saya, satu-satunya yang bisa dilakukan adalah mendukungnya. Saya percaya pemilik (klub) kami merekrutnya karena ia juga tidak yakin akan bisa sukses dengan pekerjaan ini. Ia pikir bakal sukses, jadi ia mesti bisa menyokong keyakinannya itu, dan kami harus percaya kepadanya."

"Tak ada gunanya pasang spanduk dan mengeluhkan dirinya karena ia datang bukan karena memilih dirinya sendiri untuk pekerjaan tersebut. Saya bahkan tak peduli jika kepalanya ada tiga, selama ia datang ke Everton dan mempersembahkan kesuksesan buat kami. Protes-protes saja tidaklah membantu. Saat ini, jika anda adalah seorang Evertonian, yang terpenting adalah klub dan agar klub bisa meraih kesuksesan," tegasnya soal Rafael Benitez.

(krs/mrp)