Vaksin COVID-19 Jadi Syarat Wajib buat Penonton Liga Inggris?

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Senin, 26 Jul 2021 11:51 WIB
MANCHESTER, ENGLAND - MAY 23: Manchester City fans applaud Kevin De Bruyne of Manchester City as he walks to take a corner during the Premier League match between Manchester City and Everton at Etihad Stadium on May 23, 2021 in Manchester, England. A limited number of fans will be allowed into Premier League stadiums as Coronavirus restrictions begin to ease in the UK. (Photo by Peter Powell - Pool/Getty Images)
Pemerintah Inggris berencana mewajibkan vaksin COVID-19 sebagai syarat untuk penonton pertandingan Premier League di stadion (Foto: Getty Images/Pool)
Jakarta -

Fans klub Liga Inggris Premier League yang belum divaksin COVID-19 mungkin tak akan bisa menyaksikan laga secara langsung di stadion. Pemerintah Inggris berencana mewajibkan vaksin sebagai syarat menonton di stadion.

Menurut laporan PA yang dilansir Sky Sports, pemerintah Inggris sedang membicarakan hal itu dengan Premier League. Suporter yang belum mendapat dua dosis vaksin COVID-19 tidak akan diperbolehkan masuk ke stadion mulai Oktober.

Aturan tersebut akan berlaku untuk pertandingan olahraga lainnya, termasuk rugby dan kriket, serta konser, dengan penonton lebih dari 20.000. Peraturan wajib vaksin itu mungkin tidak akan cuma diterapkan di Premier League, tapi juga divisi Liga Inggris yang lebih rendah.

Daily Telegraph mengklaim ini jadi langkah selanjutnya dalam rencana Perdana Menteri Inggris Boris Johnson. Sebelumnya, pemerintah Inggris sudah mengumumkan aturan serupa untuk klub malam, yang akan berlaku mulai akhir September.

Satu hal yang juga masih didiskusikan adalah apakah hasil negatif dari tes COVID-19 bisa digunakan sebagai syarat untuk menonton pertandingan sepakbola Premier League di stadion.

Sky Sports News melaporkan bahwa Premier League memang sudah punya rencana mewajibkan vaksin COVID-19 untuk para penonton yang akan datang ke stadion. Beberapa pertandingan di awal musim dan pramusim akan digunakan sebagai percobaan.

"Penting agar fans bisa terus menonton pertandingan olahraga selama musim gugur, itulah mengapa kami menyelidiki vaksin mungkin akan berperan dalam hal ini," kata seorang sumber dari pemerintahan seperti dilansir Sky Sports.

"Ini bukan hanya akan membuat stadion bisa penuh, tapi jadi tambahan dorongan agar orang-orang di segala usia melakukan vaksin."

Liga Inggris Premier League 2021/2022 akan dimulai pada 13 Agustus mendatang. Laga Brentford vs Arsenal akan jadi pembuka.

(nds/aff)