Premier League 2021/2022: Liverpool Irit Belanja, Bisa Juara?

Rifqi Ardita Widianto - Sepakbola
Selasa, 10 Agu 2021 17:43 WIB
LIVERPOOL, ENGLAND - AUGUST 08: Liverpool manager Jurgen Klopp chats with players as kick off is delayed during the pre-season friendly match between Liverpool and Athletic Club at Anfield on August 08, 2021 in Liverpool, England. (Photo by Jan Kruger/Getty Images,)
Liverpool irit belanja menyambut Premier League 2021/2022. (Foto: Getty Images,/Jan Kruger)
Jakarta -

Premier League 2021/2022 dimulai dalam hitungan hari. Liverpool, yang irit belanja, akan mencoba kembali ke persaingan juara usai musim lalu terseok-seok. Bisa?

Liverpool musim lalu sempat kepayahan untuk sekadar masuk ke empat besar. Krisis bek tengah menyusul cedera parah Virgil van Dijk, Joe Gomez, dan Joel Matip bikin Juergen Klopp tak bisa berbuat banyak.

Kosongnya bangku-bangku penonton di Anfield karena pandemi jelas makin tak membantu. Liverpool, yang memulai Liga Inggris sebagai juara bertahan, susah payah untuk menyelesaikan kompetisi di empat besar hingga akhirnya finis ketiga.

Memahami bahwa Virgil van Dijk dan Joe Gomez kemungkinan butuh waktu untuk kembali ke ritme terbaiknya, Liverpool pun merekrut bek tengah. Dia adalah Ibrahima Konate, pemain 22 tahun yang akan mempertebal opsi di sektor tersebut.

Konate menjadi rekrutan pertama dan masih satu-satunya buat Liverpool di musim panas ini. Klub Merseyside itu masih dikaitkan dengan gelandang Atletico Madrid Saul Niguez, namun belum ada tanda-tanda transfer akan terwujud dalam waktu dekat.

Cukupkah strategi transfer Liverpool untuk membawa mereka bersaing demi titel? Sebagai catatan, rival-rival utama mereka memperkuat tim dengan signifikan.

Manchester United membeli Jadon Sancho dan Raphael Varane dengan total biaya lebih dari 100 juta paun, sementara Chelsea segera menuntaskan kepindahan Romelu Lukaku seharga 98 juta paun. Manchester City baru saja membeli Jack Grealish dengan ongkos 100 juta paun, meski masih ada kekhawatiran terkait posisi penyerang tengah.

Perekrutan Ibrahima Konate memang sepantasnya diprioritaskan Liverpool, tapi musim lalu 'Si Merah' kerap terlihat mengkhawatirkan di lini serang. Tengok periode Februari-Maret lalu, ketika Mohamed Salah dkk sempat buntu dan sulit mencetak gol.

Dalam tujuh pertandingan Premier League, Liverpool hanya bikin empat gol sementara kebobolan 12 kali. Roberto Firmino menjadi pemain paling disorot karena sempat hanya bikin satu gol di 18 penampilan beruntun di Premier League.

Dari sana pula muncul desakan agar Juergen Klopp mendatangkan penyerang tengah. Sebab Liverpool saat ini dinilai tak punya opsi lain di sektor tersebut, pemain yang memberikan dimensi berbeda dalam permainan mereka.

Tapi boleh jadi Juergen Klopp punya solusi lain untuk mengatasi persoalan tersebut. Manajer asal Jerman itu sebelumnya sudah mengatakan sangat puas dengan skuadnya, meski tetap membuka kemungkinan untuk mendatangkan pemain.

"Saya sangat senang dengan skuad yang ada, tapi bukan berarti kami tidak akan belanja. Tapi selama itu tidak terjadi, maka saya puas dengan skuad yang saya miliki. Saya sangat senang dengan pemain yang ada," ujar Juergen Klopp seperti dikutip Eurosport.



Simak Video "Prediksi Liverpool vs Man City Bersama BigReds Solo dan MCSCI Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/krs)