Takehiro Tomiyasu Solusi Pertahanan Rapuh Arsenal?

ADVERTISEMENT

Takehiro Tomiyasu Solusi Pertahanan Rapuh Arsenal?

Randy Prasatya - Sepakbola
Kamis, 02 Sep 2021 22:15 WIB
OSAKA, JAPAN - JULY 12: Takehiro Tomiyasu of Japan is seen during the U-24 international friendly match between Japan and Honduras at the Yodoko Sakura Stadium on July 12, 2021 in Osaka, Japan. (Photo by Koji Watanabe/Getty Images)
Takehiro Tomiyasu telah menjadi pemain Arsenal. (Foto: Getty Images/Koji Watanabe)
Jakarta -

Arsenal memboyong Takehiro Tomiyasu dari Bologna. Bisakah dia menjadi solusi untuk memperkuat lini pertahanan Meriam London?

Arsenal memboyong pemain internasional Jepang itu dengan tebusan sebesar 19,8 juta pound sterling (Rp 387,3 miliar). Tomiyasu, yang bisa bermain sebagai bek tengah dan kanan sepakat dikontrak selama empat tahun atau sampai 2025.

Dengan hadirnya Tomiyasu, Arsenal juga melepas Hector Bellerin ke Real Betis. Artinya, Tomiyasu besar kemungkinan bakal mengisi posisi bek kanan yang ditinggalkan Bellerin.

Tomiyasu sudah menjadi bahan pembicaraan di sepakbola Italian beberapa musim lalu, terutama saat berduel dengan Ronaldo. Sebuah klip enam detik sempat beredar terkiat kesulitan Ronaldo melewati Tomiyasu.

Direktur Teknik Arsenal, Edu, bahkan mengakui sudah memantau pemain asal Jepang itu sejak lama. Kualitas Tomiyasu pun dianggap layak untuk berkostum Arsenal.

"Kami sudah memantau dia dan kami senang telah mencapai kesepakatan dengan Bologna. Dia adalah tambahan penting untuk skuad kami," kata Edua beberapa hari lalu yang dikutip dari Mirror.

Tomiyasu tampaknya bakal menjadi pilihan utama di bek kanan Arsenal. Manajer Mikel Arteta sangat terkesan dengan pemain 22 tahun itu.

"Tomiyasu adalah bek yang kuat dengan pengalaman bagus di Serie A dan di level internasional. Dia adalah bek serba bisa dengan kualitas pertahanan yang hebat, kemampuan teknis yang tinggi, dan ketenangan saat menguasai bola," kata Arteta.

"Dia akan menjadi anggota penting dari skuad kami. Kami menantikan Tomiyasu bergabung dengan kami ketika dia kembali dari tugas internasional," tegasnya.

Arsenal menjadi salah satu klub paling buruk terkiat pertahanan di Liga inggris musim ini. The Gunners sudah kebobolan sembilan gol dari tiga laga dan tanpa mencetak gol.

(ran/aff)