Dua Wajah Si Biru di London Utara

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Senin, 20 Sep 2021 06:30 WIB
London -

Chelsea tampil tak meyakinkan saat menghadapi Tottenham Hotspur di babak pertama. Tapi, The Blues berubah total di babak kedua dan Lilywhites pun disikat.

Chelsea melawat ke Tottenham Hotspur stadium, Minggu (19/9/2021) malam WIB untuk mengincar tiga angka. Kemenangan Liverpool atas Crystal Palace sehari sebelumnya membuat mereka tertinggal tiga angka.

Maka dari itu Chelsea memasang formasi menyerang untuk mendapatkan gol secepatnya. Meski begitu, performa Chelsea di babak pertama terbilang mengecewakan karena tidak membuat satu pun shot on target dari total enam tembakan.

Tottenham bahkan lebih membahayakan saat menyerang dan membuat satu attempts on target. Ini jadi kali pertama Chelsea-nya Thomas Tuchel gagal membuat shot on target di babak pertama Premier League.

Setelah itu, Chelsea lantas bangkit di babak kedua dan gantian menekan habis pertahanan Tottenham. Chelsea membuka keunggulan lewat gol Thiago Silva di menit ke-49 sebelum digandakan N'Golo Kante di menit ke-57.

Chelsea memantapkan kemenangan jadi 3-0 lewat gol Antonio Ruediger di menit ke-92. Statistik pun terbilang jomplang di babak kedua karena Chelsea membuat 14 attempts dengan 10 on target, sementara Tottenham cuma bikin dua attempts dengan satu on target.

Performa Chelsea di babak kedua pun memuaskan Tuchel selaku manajer, yang mengaku sempat kecewa melihat jalannya 45 menit pertama.

"Ya, anda betul. Saya memang tidak senang dengan performa di babak pertama. Performa individu lebih menonjol di babak itu dari Kepa dan Thiago Silva. Sejatinya pemain lain tampil oke, tapi kami kurang intens, tak bertenaga, dan kalah di dalam duel serta perebutan bola 50:50," ujar Tuchel di BBC Sport.

"Saya rasa kami ingin unjuk gigi dengan skill para pemain, tapi itu saja tidak cukup di laga derby seperti ini. Lebih kepada agresivitas, memenangi duel dan tampil lebih baik sebagai tim. Kami bicarakan itu saat jeda babak pertama. Kami pun tampil sangat bagus di babak kedua dan pantas menang. Reaksinya sangat bagus, sehingga saya senang dengan performa babak kedua," sambung Thomas Tuchel.

Kemenangan ini membuat Chelsea memimpin klasemen Liga Inggris dengan 13 poin, unggul abjad atas Liverpool di posisi kedua.

(mrp/ran)