Pertama Kalinya! Laga Premier League Dipimpin Wasit Asing

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Selasa, 21 Sep 2021 20:45 WIB
PETERBOROUGH, ENGLAND - SEPTEMBER 18: Referee Jarred Gillett gives instructions during the Sky Bet Championship match between Peterborough United and Birmingham City at London Road Stadium on September 18, 2021 in Peterborough, England. (Photo by Harriet Lander/Getty Images)
Jarred Gillett jadi wasit asing pertama di Premier League (Getty Images/Harriet Lander)
London -

Duel Watford vs Newcastle United akan jadi laga bersejarah. Untuk pertama kalinya pertandingan Premier League dipimpin wasit asing.

Wasit tersebut bernama Jarred Gillett asal Australia. Gillett berusia 34 tahun adalah wasit berpengalaman di Liga Australia dan banyak memimpin pertandingan bergengsi di sana.

Dia juga lima kali dinobatkan sebagai wasit terbaik di negaranya. Gillett sebelumnya pernah menjadi wasit di beberapa pertandingan non Premier League.

Salah satu pertandingan yang jadi sorotan adalah kala Peterborough United kontra Birmingham City hari Sabtu pekan lalu di Divisi Championship.


Pada pertandingan yang dipimpin Gillett tersebut, ada dugaan pelecehan berbau rasial yang dilakukan suporter kepada pemain lawan.

Gillett juga pernah beberapa kali bertugas di Premier League, baik sebagai wasit VAR maupun ofisial keempat. Salah satu yang disorot adalah saat jadi wasit VAR di laga Brighton & Holve Albion kontra tuan rumah Burnley di pekan pembuka.

Dia diprotes oleh pemain Brighton saat tidak memberikan foul kepada James Tarkowski yang melanggar Neal Maupay, sebelum terjadinya gol Burnley.

Jarred Gillett juga beberapa kali memimpin pertandingan internasional di bawah naungan FIFA.

(mrp/aff)