ADVERTISEMENT

Xhaka Cedera Lutut, Absen Bela Arsenal Hingga Akhir Tahun

Adhi Prasetya - Sepakbola
Kamis, 30 Sep 2021 18:19 WIB
LONDON, ENGLAND - SEPTEMBER 26: Granit Xhaka of Arsenal reacts as he leaves the pitch after being substituted during the Premier League match between Arsenal and Tottenham Hotspur at Emirates Stadium on September 26, 2021 in London, England. (Photo by Julian Finney/Getty Images)
Xhaka (tengah) saat ditarik keluar di laga melawan Tottenham. Foto: Getty Images/Julian Finney
London -

Granit Xhaka harus absen membela Arsenal hingga akhir tahun ini. Gelandang Swiss itu mengalami cedera serius di lutut kanannya.

Xhaka ditarik keluar di menit ke-82 saat Arsenal mengalahkan Tottenham 3-1 di Emirates Stadium akhir pekan lalu. Ia secara tak sengaja berbenturan dengan Lucas Moura yang terjatuh karena dihalau oleh Thomas Partey.

Apes bagi Xhaka, ia tak cuma gagal menyelesaikan laga, namun juga harus absen panjang. Arsenal mengumumkan pria berdarah Albania itu mengalami cedera ligamen lutut.

"Penilaian dan pemindaian telah mengonfirmasi bahwa Granit Xhaka mengalami cedera yang signifikan di ligamen medial lututnya," bunyi pernyataan resmi Arsenal.

"Program rehabilitasi dan pemulihan Granit akan dimulai segera dan kami menargetkan dia akan kembali dalam waktu kurang lebih tiga bulan," lanjut pernyataan itu.

Untungnya, Xhaka tak perlu menjalani operasi untuk memulihkan cederanya itu. Meski demikian, The Guardian melaporkan ia akan absen setidaknya di 14 pertandingan Liga Inggris an baru bisa bermain lagi di awal 2022.

Hal itu jelas menjadi kerugian bagi manajer Mikel Arteta, mengingat Xhaka menjadi andalan di lini tengah. Ia selalu dimainkan sebagai starter di Liga Inggris musim ini dan baru absen di dua laga, itu pun karena skorsing akibat kartu merah yang didapatnya saat melawan Manchester City.

Selama Xhaka absen, Arteta diperkirakan akan memberi kesempatan bermain lebih banyak kepada Albert Sambi Lokonga, meski Ainsley Maitland-Niles dan Mohamed Elneny juga bisa menjadi pilihan.

Arsenal saat ini tengah menduduki peringkat 10 klasemen sementara Liga Inggris dengan 9 poin dari 6 laga. Mereka absen di kompetisi antarklub Eropa setelah cuma finis di posisi 8 musim lalu.

(adp/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT