Berjuang di Zona Degradasi, Newcastle Jangan Pecat Steve Bruce Dulu

Rifqi Ardita Widianto - Sepakbola
Selasa, 12 Okt 2021 21:25 WIB
WATFORD, ENGLAND - SEPTEMBER 25: Steve Bruce, Manager of Newcastle United is interviewed by the media prior to the Premier League match between Watford and Newcastle United at Vicarage Road on September 25, 2021 in Watford, England. (Photo by Alex Morton/Getty Images)
Newcastle United disarankan tak pecat Steve Bruce dulu. (Foto: Getty Images/Alex Morton)
Jakarta -

Newcastle United sudah digadang-gadang segera melakukan perubahan usai kedatangan pemain baru. Tapi pergantian manajer di tahap ini tak disarankan.

Newcastle United resmi diakuisisi oleh konsorsium milik Pangeran Arab Saudi Mohammed bin Salman pada pekan lalu. 80% saham Newcastle kini dimiliki Public Investment Fund (PIF), sementara 20% sisanya dibagi rata antara Amanda Staveley dan Reuben bersaudara.

Salah satu langkah awal yang diyakini akan diambil manajemen baru adalah mengganti manajer Steve Bruce. Penunjukan manajer anyar adalah titik mula untuk proyek baru, dengan Newcastle diperkirakan akan melakukan belanja besar.

Sejumlah nama sudah dikaitkan. Sebut saja Antonio Conte, Brendan Rodgers, Steven Gerrard, Frank Lampard, hingga Eddie Howe. Sementara itu, rumor yang beredar adalah Steve Bruce bakal dicopot dari posisi manajer pada pekan ini.

Mantan pemain Liverpool, Tottenham Hotspur, dan Fulham Danny Murphy menilai memecat Steve Bruce justru bisa jadi sangat salah buat Newcastle. Sebab menurutnya, Bruce paling siap untuk membawa tim lepas dari zona degradasi.

Ia percaya Bruce layak diberi kesempatan menangani tim lebih jauh, yang kini punya dukungan masif dari pemilik anyar.

"Siapa yang akan mereka datangkan? Tidak ada kandidat jelas untuk datang buat pertarungan di zona degradasi. Beda urusan kalau Anda tanya apakah ada manajer yang mampu bekerja dengan pemain-pemain baru, menghabiskan uang, dan bertarung demi titel," kata Danny Murphy kepada talksport.

"Tentu saja ada, ada banyak manajer bagus di luar sana. Tapi masuk ke Premier League, kalau Anda belum pernah merasakannya sebelum masuk ke pertarungan degradasi dan memahami caranya menang, yang tak selalu dengan bermain menyerang atau cantik, siapa sih yang lebih siap dari Steve Bruce saat ini?"

"Tidak ada nama yang muncul di kepala saya," imbuhnya.

[Gambas:Opta]



Simak Video "Uangnya Tak Berseri! Sebelum Newcastle, MBS Caplok McLaren dan Pagani"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/rqi)