Dear Newcastle, Pemainmu Sarankan Ini Sebelum Jor-joran Belanja

Bayu Baskoro - Sepakbola
Kamis, 14 Okt 2021 11:20 WIB
Newcastle United
Newcastle United menjadi sorotan usai diakuisisi konsorsium Arab Saudi. Foto: dok. detikcom
Newcastle -

Newcastle United mau belanja pemain seusai akuisisi klub oleh konsorsium Arab Saudi. The Magpies disarankan memperbaiki sesuatu sebelum belanja. Apa itu?

Newcastle resmi diakusisi Public Investment Fund (PIF) pada awal bulan Oktober 2021. Perusahaan kepunyaan Pangeran Arab Saudi, Mohammed bin Salman, itu membeli The Toon Army dari Mike Ashley seharga 300 juta paun (Rp 5,7 triliun).

PIF bertekad membawa Newcastle bersaing di papan atas Premier League. Sejumlah dana besar kabarnya sudah siap digelontorkan pemilik baru guna belanja pemain.

Newcastle United disebut-sebut tengah melihat kesempatan mendatangkan empat pemain Manchester United, yakni Jesse Lingard, Donny van de Beek, Anthony Martial, serta Eric Bailly. The Magpies turut berminat merekrut bintang-bintang papan atas Serie A.

Kehadiran PIF dengan fulus segar disambut positif gelandang Newcastle, Jonjo Shelvey. Eks penggawa Liverpool itu berharap PIF bisa merekrut pemain-pemain top demi mendongkrak performa klub.

Di satu sisi, Shelvey meminta PIF memperbaiki fasilitas klub sebelum menggelontorkan uang untuk transfer pemain. Dia menilai tempat latihan tim di Darsley Park jauh tertinggal ketimbang fasilitas milik klub-klub Inggris lainnya.

"Saya mengerti apa yang diinginkan para penggemar - mereka menginginkan Mbappe dan Messi. Yang bisa saya katakan adalah, itu tidak akan datang dalam semalam, kami harus realistis," kata Shelvey, dikutip dari Mirror.

"Dalam hal persiapan, kita semua tahu bahwa fasilitas tempat latihan masih di bawah standar Premier League. Sebagai pemain, kami menghadapi masalah ini dan kami harus menjalaninya dengan kemampuan terbaik kami, sebab uangnya belum ada. Itu sulit diterima," sambungnya.

"Saya mengerti anda tidak bisa langsung menghabiskan begitu banyak uang, dan itu akan menjadi proses yang panjang. Namun ini adalah salah satu yang pantas didapatkan klub dan para penggemar. Klub ini dapat mencapai apa pun yang diinginkannya sekarang, hanya langit yang jadi pembatasnya," demikian kata Jonjo Shelvey.

(bay/pur)