Newcastle Ditolak Gerrard hingga Conte, Dapatnya Eddie Howe

Yanu Arifin - Sepakbola
Jumat, 05 Nov 2021 13:05 WIB
LIVERPOOL, ENGLAND - JULY 26: Eddie Howe, Manager of AFC Bournemouth  looks dejected after being relegated after the Premier League match between Everton FC and AFC Bournemouth  at Goodison Park on July 26, 2020 in Liverpool, England. Football Stadiums around Europe remain empty due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in all fixtures being played behind closed doors. (Photo by Catherine Ivill/Getty Images)
Mantan manajer Bournemouth, Eddie Howe, dikabarkan akan segera melatih Newcastle United. (Foto: Catherine Ivill/Getty Images)
Newcastle upon Tyne -

Newcastle United kabarnya akan punya manajer baru. Eddie Howe menjadi sosoknya, setelah Steven Gerrard hingga Antonio Conte sudah menolak The Magpies.

Newcastle bergegas merombak tim, setelah diakuisisi pihak Arab Saudi. Langkah pertamanya, mereka sudah memecat Steve Bruce.

Kemudian, beberapa nama top dikaitkan dengan Newcastle. Di antaranya adalah Steven Gerrard, Jose Mourinho, Antonio Conte, dan Unai Emery.

Namun, tak ada peluang Newcastle untuk berharap. Semua manajer tersebut menolaknya.

Mourinho, yang sukses di Chelsea dan pernah melatih Manchester United di Inggris, menolak Newcastle United. Alasannya, dia sedang fokus di AS Roma, yang baru ia pimpin musim ini.

"Saya ada di sini, saya sangat senang berada di sini. Saya 100 persen fokus ke proyek Roma, proyeknya Friedkin," ujar Mourinho, dikutip dari Sky Sports.

Penolakan kedua datang dari Gerrard. Legenda Liverpool, yang kini sedang melatih Rangers itu, juga menolak dikaitkan dengan Newcastle.

"Saya tidak benar-benar bereaksi atau terlibat dalam spekulasi apa pun, terutama ketika ada seseorang yang sangat saya hormati menduduki pekerjaan itu [Steve Bruce, sebelum dipecat -red]. Saya tidak ingin orang berspekulasi tentang pekerjaan saya," kata Gerrard, dilansir Daily Mail.

Kemudian Conte juga dikabarkan emoh melatih Newcastle, ketika masih menganggur. Kini, pria Italia itu malah melatih Tottenham Hotspur, menggantikan Nuno Espirito Santo.

Dan terakhir, Unai Emery juga dengan tegas ogah melatih Newcastle. Pria asal Spanyol itu kini sedang fokus bersama Villarreal, yang musim lalu ia bawa menjadi juara Liga Europa.

Setelah ditolak sana-sini, Newcastle kabarnya sudah mendapatkan manajer yang dirasa pas. Dia adalah Eddie Howe, eks manajer Bournemouth dan Burnley.

Howe sendiri belum pernah meraih titel bergengsi selama melatih. Ia cuma bisa membawa Bournemouth juara Divisi Championship dan lolos ke Premier League.

Pada musim 2019/2020 menjadi musim terakhirnya melatih The Cherries, di mana klub finis di posisi 18 klasemen Liga Inggris, dan harus terdegradasi ke Divisi Championship lagi.

Jika jadi melatih Newcastle, Howe dihadapkan pada tugas berat. Sebab, Dominic Solanke dkk sedang terjerembab di peringkat ke-19 klasemen Liga Inggris, akibat belum menang sama sekali musim ini [empat imbang dan 6 kali kalah].

Akhir pekan ini, Newcastle United sudah ditunggu Brighton & Hove Albion di pekan ke-11 Liga Inggris. Apakah Howe sudah menjadi manajer melatih Newcastle di laga itu?

(yna/adp)