De Gea Lagi-lagi Kerja Keras Selamatkan MU

Putra Rusdi K - Sepakbola
Senin, 29 Nov 2021 13:08 WIB
LONDON, ENGLAND - NOVEMBER 28: David De Gea of Manchester United reacts as he appears to be injured after making a save during the Premier League match between Chelsea and Manchester United at Stamford Bridge on November 28, 2021 in London, England. (Photo by Shaun Botterill/Getty Images )
David de Gea kembali repot selamatkan gawang MU (Foto: Getty Images/Shaun Botterill)
London -

David de Gea kembali harus bekerja keras menyelamatkan Manchester United dari kekalahan. Ia tampil gemilang membantu MU menahan imbang Chelsea 1-1.

Duel Chelsea vs MU di Stamford Bridge pada pekan ke-13 Liga Inggris 2021/2022, Minggu (28/11/2021) malam WIB berakhir imbang 1-1. Setan Merah yang tampil tertekan justru mampu unggul lebih dulu lewat gol dari Jadon Sancho pada menit ke-50.

The Blues kemudian mampu menyamakan kedudukan dari penalti Jorginho pada menit ke-69. Wasit menunjuk titik putih setelah Aaron Wan-Bissaka kepada Thiago Silva.

Pada laga ini, MU memang bersusah payah menahan gempuran Chelsea. Tuan rumah tampil dominan mencatatkan penguasaan bola sebesar 65,6 persen dibanding 34,4 persen milik MU.

Chelea membuat 24 tembakan sepanjang laga dengan enam on target. Sementara, MU hanya bikin tiga tembakan dengan dua mengarah ke gawang.

David de Gea jelas kembali bekerja keras mengamankan gawang MU. Dikutip dari Opta, Dea tampil gemilang dengan bikin lima penyelamatan dan tiga sapuan.

[Gambas:Opta]

Salah satu penyelamatan menawan De Gea dipertontokannya saat mencegah Chelsea unggul cepat di menit keempat. Callum Hudson-Odoi menusuk dari sisi kiri kotak penalti hingga tinggal berhadapan dengan De Gea.

Kiper asal Spanyol ini secara luar biasa merentangkan kakinya untuk menghalau sepakan mendatar Hudson-Odoi. Legenda MU, Roy Keane, memuji penyelamatan De Gea ini.

Chelsea's Callum Hudson-Odoi attempts a shot at goal past Manchester United's goalkeeper David de Gea during the English Premier League soccer match between Chelsea and Manchester United at Stamford Bridge stadium in London, Sunday, Nov. 28, 2021. (AP Photo/Kirsty Wigglesworth)(AP Photo/Kirsty Wigglesworth) Foto: Kirsty Wigglesworth/AP

Hal tersebut disampaikan Roy Keane saat memandu jalannya laga Chelsea vs MU di Sky Sport bersama mantan pemain Chelsea, Jimmy Floyd Hasselbaink. Keane mengaku sangat jarang melakukan apresiasi terhadap penjaga gawang, tapi penyelamatan De Gea ini membuatnya kagum.

"Ini mungkin momen yang besar, pertahanan yang buruk, Jimmy mungkin berpikir ini harusnya gol, saya akan memberikan pujian kepada De Gea. Saya benar-benar merasa ini adalah penyelamatan yang bagus. Hal yang tak bisa saya lihat," ujar Keane dikutip dari Standard.

Dari data di situs resmi Premier League, De Gea menjadi kiper dengan penyelamatan terbanyak kelima di Premier League musim ini (41 saves). De Gea hanya terpaut lima penyelamatan dari kiper Norwich City Tim Krull yang merupakan kiper dengan saves terbanyak (46 saves).

Dengan De Gea tampil gemilang saja, MU sudah kebobolan 22 gol (terburuk kelima di Liga Inggris). Kiper 31 tahun ini harus bekerja keras menutup buruknya lini pertahanan The Red Devils.

(pur/krs)