De Bruyne Harus Perjuangkan Posisinya di Man City

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Selasa, 07 Des 2021 07:00 WIB
WATFORD, ENGLAND - DECEMBER 04: Kevin De Bruyne of Manchester City in action during the Premier League match between Watford  and  Manchester City at Vicarage Road on December 04, 2021 in Watford, England. (Photo by Richard Heathcote/Getty Images)
Kevin De Bruyne sudah satu bulan lebih tidak jadi starter di Manchester City (Foto: Getty Images/Richard Heathcote)
Manchester -

Manchester City tetap garang meski tanpa Kevin De Bruyne. Gelandang Belgia itu menghadapi tantangan untuk mendapatkan kembali posisinya di starting line-up.

De Bruyne belum lama ini terinfeksi virus corona, yang membuatnya absen dalam empat pertandingan Man City. Dia baru kembali ke skuad saat City menang 3-1 atas Watford di Premier League akhir pekan kemarin dan main selama 23 menit.

Itu jadi pukulan lain untuk De Bruyne yang juga sempat diganggu cedera pergelangan kaki. Sejauh ini, gelandang berusia 30 tahun itu baru mencetak tiga gol dan satu assist di semua kompetisi.

Di tengah absennya De Bruyne, City tetap oke dengan mencatat lima kemenangan beruntun. Ilkay Guendogan dan Bernardo Silva juga tampil apik di lini tengah City.

Pep Guardiola menyebut bahwa De Bruyne memang tidak perlu membuktikan apa pun kepadanya. Namun, De Bruyne disebutnya menyadari bahwa dia harus memperjuangkan posisinya di tim.

"Kevin main sepanjang musim sejak awal, dia datang setelah Piala Eropa dalam kondisi yang sulit dan kemudian kena corona," ujar Guardiola seperti dilansir ESPN.

"Dia harus kembali dan memperjuangkan posisi. Dia tidak harus menunjukkan apa pun kepada saya. Ini untuk dirinya sendiri, menunjukkan kemampuannya dan melakukan apa yang sudah dia lakukan selama lima atau enam tahun setiap tiga hari."

"Kompetisi dibutuhkan dan dia tahu itu, tapi begitu juga Bernardo (Silva) dan semua winger. Mereka harus menunjukkannya baik itu saat main lima menit atau 90 menit, mereka harus menunjukkan kualitas untuk diri mereka sendiri dan semua orang."

Guardiola mengonfirmasi bahwa De Bruyne akan jadi starter saat Manchester City tandang ke markas RB Leipzig di matchday terakhir fase grup Liga Champions, Rabu (8/12/2021) dini hari WIB. Kali terakhir De Bruyne turun sebagai starter adalah saat menang atas Manchester United bulan November lalu.

"Kevin kena corona ketika kondisi fisiknya mulai meningkat dan itu adalah sebuah pukulan. Orang-orang yang sempat terjangkit merasa kosong beberapa hari setelahnya. Besok dia akan jadi starter dan kita lihat berapa lama dia bisa main," kata Guardiola.

(nds/pur)