Matip Mau Ikut Piala Afrika, Klopp Bisa Pusing

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Rabu, 15 Des 2021 18:00 WIB
LONDON, ENGLAND - NOVEMBER 07: Joel Matip of Liverpool reacts as Michail Antonio of West Ham United lies on the floor after a challenge during the Premier League match between West Ham United and Liverpool at London Stadium on November 07, 2021 in London, England. (Photo by Alex Pantling/Getty Images)
Joel Matip bakal ikut Piala Afrika 2022 bareng Timnas Kamerun? (Getty Images/Alex Pantling)
Liverpool -

Kepala Juergen Klopp bisa pusing menghadapi Piala Afrika bulan depan. Sebab Liverpool bakal kehilangan lagi pemain intinya, kali ini Joel Matip.

Karena ada pandemi virus corona, Piala Afrika 2021 yang harusnya dihelat tengah tahun kemarin akhirnya diundur menjadi Januari 2022. Ajang ini sudah bikin pusing kepala sejumlah manajer klub Eropa, terutama dari Liga Inggris.

Sebab mereka harus merelakan para pemainnya untuk membela tim nasionalnya di tengah kompetisi bergulir, setidaknya selama dua pekan. Bahkan bisa lebih panjang jika negaranya melaju sampai babak gugur dan final.

Salah satu yang paling pusing adalah Klopp ketika tiga pemainnya harus pergi, yakni Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Naby Keita. Kehilangan paling terasa tentu Salah dan Mane mengingat keduanya jadi andalan di lini serang.

Terutama Salah yang sudah mencetak 21 gol musim ini dan juga paling banyak mencetak assist, yakni 10. Bahkan Klopp sudah meminta dispensasi kepada sejumlah federasi agar bisa melepas ketiga pemain itu setelah laga kontra Chelsea 2 Januari.

Belum selesai proses negosiasi dengan tiga pemain itu, Klopp harus berurusan lagi dengan Timnas Kamerun. Ya, sebab ada kemungkinan bek andalannya Joel Matip akan bermain untuk negaranya yang jadi tuan rumah.

Matip sebenarnya sudah pensiun dari timnas pada 2017 karena tidak senang dengan intrik di dalam tubuh Federasi Sepakbola Kamerun (FECAFOOT). Tapi, seiring naiknya Samuel Eto'o sebagai presiden federasi yang baru, Matip dan sejumlah pemain senior kabarnya ingin kembali ke timnas.

Kembalinya Matip ini tentu jadi kabar baik untuk Kamerun yang ingin melaju sejauh mungkin di Piala Afrika sebagai tuan rumah. Tapi, untuk Klopp, kepalanya bakal makn pusing karena harus kehilangan empat pemain inti sekaligus selama kurun waktu cukup lama.

Apalagi Liverpool lagi bersaing ketat dengan Chelsea dan Manchester City di papan atas klasemen Liga Inggris.

Joel Matip memang tampil oke musim ini setelah sepanjang musim lalu diganggu cedera, dengan 18 kali penampilan di seluruh kompetisi. Matip punya 27 caps dan satu gol sejak debut di Kamerun pada 2010.

(mrp/cas)