Man City Tetap Tangguh di Tengah Badai, Guardiola Puji Para Pemain

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Senin, 17 Jan 2022 17:41 WIB
LONDON, ENGLAND - JANUARY 01: Manchester City players celebrate at full time after the Premier League match between Arsenal and Manchester City at Emirates Stadium on January 01, 2022 in London, England. (Photo by Julian Finney/Getty Images)
Manchester City mencatat 12 kemenangan beruntun di Premier League (Foto: Getty Images/Julian Finney)
Jakarta -

Manchester City tetap melaju kencang meski dihantam banyak masalah, termasuk di luar lapangan. Pep Guardiola menilai para pemainnya layak dapat pujian.

Man City belum lama ini memperpanjang rentetan kemenangannya di Premier League menjadi 12 laga beruntun. Terakhir, The Citizens mengalahkan salah satu rivalnya dalam perebutan gelar Premier League, Chelsea, dengan skor 1-0.

City merangkai kemenangan-kemenangan tersebut di tengah banyaknya masalah yang menimpa skuad. Mereka dihadapkan pada kasus COVID-19, cedera, dan masalah pribadi pemain.

City dihantam badai virus corona pada awal Januari. Total 21 anggota tim yang dinyatakan positif COVID-19, termasuk Kevin De Bruyne dan Pep Guardiola.

Bek City, Joao Cancelo, juga sempat jadi korban perampokan pada akhir tahun lalu hingga membuatnya mengalami luka di bagian wajah. Meski demikian, dia tetap main di laga melawan Arsenal sehari kemudian dan membantu City meraih kemenangan.

"Ada masalah pribadi menimpa para pemain di musim ini. Mereka manusia biasa, mereka punya keluarga. Kadang ada masalah," ujar Guardiola seperti dilansir Mirror.

"Contohnya Joao. Dia melewati peristiwa luar biasa beberapa pekan lalu bersama keluarganya di rumah. Bagaimana Anda seharusnya bereaksi di situasi itu?"

"Cara dia bereaksi istimewa, dia bilang dia ingin main melawan Arsenal, Piala FA, dan dia hari ini main (melawan Chelsea)."

"Ada naik dan turun untuk para pemain dan Anda harus menangani situasinya. Kadang mungkin Kevin punya masalah pribadi dan saya juga, tapi ketika mereka di sana, mereka mencoba melakukan yang terbaik," lanjut eks pelatih Barcelona dan Bayern Munich itu.

"Prestasi terbesar adalah mereka mencoba melakukan segalanya dan jadi yang terbaik. Kalau tidak, di liga ini, Anda tidak bisa menang 12 laga beruntun, itu mustahil. Lawan yang Anda hadapi, setiap pekan mereka luar biasa," kata Guardiola.

Berkat kemenangan atas Chelsea, Manchester City kini memimpin klasemen Liga Inggris dengan 56 poin. Mereka unggul 11 poin atas Liverpool yang ada di urutan kedua.

(nds/yna)