Tuchel: Chelsea Tidak Butuh Pemain Baru

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Senin, 17 Jan 2022 21:00 WIB
Chelseas head coach Thomas Tuchel during the English Premier League soccer match between Aston Villa and Chelsea at Villa Park in Birmingham, England, Sunday, Dec. 26, 2021. (AP Photo/Rui Vieira)
Thomas Tuchel menyebut Chelsea tidak butuh pemain baru meski tertinggal jauh dalam perburuan gelar juara Premier League (Foto: AP/Rui Vieira)
Jakarta -

Kekalahan dari Manchester City membuat Chelsea makin tercecer dalam perburuan gelar juara Premier League. Meski demikian, Thomas Tuchel menyebut Chelsea tak perlu belanja di bursa Januari.

Chelsea tumbang dalam lawatannya ke markas City di Premier League akhir pekan lalu. Bertanding di Etihad Stadium, Sabtu (15/1/2022), The Blues kalah dengan skor 0-1.

Hasil tersebut plus kemenangan Liverpool atas Brentford membuat Chelsea turun ke peringkat ketiga klasemen Liga Inggris. Romelu Lukaku dkk mengumpulkan 43 poin, tertinggal 13 angka dari City yang ada di puncak.

Sempat impresif di awal musim, Chelsea kemudian tersendat. Sampai pekan ke-22, Chelsea sudah imbang tujuh kali, yang merupakan jumlah terbanyak di antara tim di delapan besar.

Salah satu penyebab yang menghambat laju Chelsea adalah badai cedera. Mereka sempat kehilangan sejumlah pilarnya seperti Lukaku, Reece James, Ben Chilwell, dan Andreas Christiansen. Belum lagi kasus positif COVID-19 yang juga menimpa sejumlah pemain.

Meski skuad Chelsea tidak ideal, Thomas Tuchel menyebut klubnya tak perlu pemain baru di bursa transfer Januari ini. Dia memberi contoh Liverpool yang tetap kesulitan mempertahankan gelar Premier League saat Virgil van Dijk cedera.

"Tentu saja kami akan mencoba untuk memperbaiki, tapi jika maksud Anda apakah kami butuh pemain lain, saya kira kami cuma butuh seluruh skuad kami," ujar Tuchel seperti dilansir Mirror.

"Apakah Liverpool musim lalu mampu bersaing untuk gelar juara? Tidak. Satu-satunya perbedaan yang nyata adalah mereka kehilangan Virgil van Dijk."

"Saya sudah katakan berkali-kali, pemain kunci adalah pemain kunci karena mereka kunci dalam segala yang mereka lakukan dan dengan cara mereka bertindak," lanjut eks pelatih Borussia Dortmund itu.

"Untuk bersaing dan melakukan yang harus dilakukan selama 90 menit, kami butuh semua orang dan kami kesulitan karena cedera jangka panjang dan COVID."

"Tetap saja kami bisa diandalkan dan kami masih ingin mendorong diri kami, dan kami tidak akan mencari alasan. Ini hanya untuk menjelaskan situasinya," kata Tuchel.

(nds/cas)