Brentford Vs MU: Momen Para Pemain Akademi Unjuk Gigi

Adhi Prasetya - Sepakbola
Kamis, 20 Jan 2022 19:20 WIB
BRENTFORD, ENGLAND - JANUARY 19: Anthony Elanga of Manchester United celebrates after scoring their sides first goal during the Premier League match between Brentford and Manchester United at Brentford Community Stadium on January 19, 2022 in Brentford, England. (Photo by Alex Pantling/Getty Images)
Elanga mencetak gol pertamanya di musim ini bersama MU. Foto: Getty Images/Alex Pantling
London -

Ada yang menarik dari kemenangan Manchester United atas Brentford di Liga Inggris. Seluruh gol yang diciptakan Setan Merah berasal dari para pemain jebolan akademi sendiri.

MU menang 3-1 dalam lawatan ke Brentford Community, Kamis (20/1/2022) dini hari WIB. Tiga gol dari Anthony Elanga di menit ke-55, Mason Greenwood (62'), dan Marcus Rashford (77') hanya mampu dibalas tuan rumah lewat Ivan Toney di menit ke-85.

Tambahan tiga poin ini membuat asa MU lolos ke Liga Champions musim depan tetap terjaga. Mereka saat ini ada di urutan ketujuh dengan 35 poin dari 21 laga.

Terlepas dari aksi gemilang David de Gea yang mampu menahan tujuh tembakan Brentford, ada catatan unik pula di laga ini. Untuk pertama kalinya di musim ini, MU mampu mencetak lebih dari tiga gol, dan semuanya dibuat para pemain lulusan akademi.

Hal ini bukanlah sesuatu yang sering dilakukan MU di Liga Inggris. Musim lalu, mereka hanya melakukannya sekali, yakni saat mengalahkan West Ham United 3-1 pada Desember 2020. Saat itu, ada Paul Pogba, Greenwood, dan Rashford yang mencetak gol.

Pada musim 2019/20, mereka melakukannya dua kali, yakni saat menang 3-1 atas Brighton & Hove Albion, ditahan 3-3 oleh Sheffield United. Protagonisnya ada Rashford, Greenwood, Andreas Pereira, dan Brandon Williams.

Meski tidak sering-sering amat setiap musimnya, hal tersebut menunjukkan bahwa para pemain akademi tetap mampu memberi kontribusi gol kepada tim utama, di tengah gencarnya MU membeli bintang lini depan di setiap musim.

Rashford dan Greenwood di laga ini juga memutus tren buruk keduanya yang sudah tak mencetak gol sejak Oktober lalu. Sedangkan gol pertama dari Elanga musim ini membuktikan manajer Ralf Rangnick sudah tepat memberikan kepercayaan padanya.

(adp/aff)