Bola Mati Gelandang Southampton Ini Ngeri-ngeri Sedap

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Sabtu, 22 Jan 2022 06:00 WIB
LONDON, ENGLAND - DECEMBER 15: James Ward-Prowse of Southampton in action during the Premier League match between Crystal Palace and Southampton at Selhurst Park on December 15, 2021 in London, England. (Photo by Tom Dulat/Getty Images)
Tendangan bebas James Ward-Prowse mematikan sekali (Getty Images/Tom Dulat)
Manchester -

James Ward-Prowse memang bukan nama tenar di Premier League. Tapi, kemampuannya sebagai eksekutor bola mati jangan diragukan lagi.

Ward-Prowse cuma membela Southampton sepanjang kariernya. Sejak debut pada 2011, Ward-Prowse yant kini menjabat kapten sudah punya 39 gol dari total 344 laga.

Nah, dari total 39 gol itu, 11 di antaranya dibuat Ward-Prowse dari keahliannya sebagai eksekutor tendangan bebas. Tidak ada pemain lain di lima liga top Eropa yang punya gol sepakan bebas sebanyak itu sejak 2018/2019, termasuk Lionel Messi sekalipun.

Tak cuma lihai dalam membuat gol lewat bola mati, Ward-Prowse juga mendonasikan 10 assist. Itu juga jadi catatan terbaik di benua biru dalam empat tahun terakhir.

Musim ini Ward-Prowse kembali menunjukkan keahlian terbaiknya tersebut dengan total enam gol sudah dibuat di Premier League. Wajar jika tim lawan cemas jika Southampton mendapatkan tendangan bebas karena ada Ward-Prowse.

Pep Guardiola selaku manajer Manchester City juga merasakan hal serupa saat harus melawat ke St Mary's, Minggu (23/1/2022) dini hari WIB besok, untuk bertemu Southampton.

Meski secara kualitas tim, City berada di atas Southampton dan sedang on fire berbekal 12 kemenangan di Premier League, Guardiola tetap mewaspadai The Saints yang mematikan lewat bola mati.

"Tidak ada eksekutor bola mati sebaik dia. Southampton punya penendang bebas terbaik yang pernah saya lihat, atau setidaknya dia yang terbaik di dunia saat ini," ujar Guardiola seperti dikutip BBC Sport.

"Dia sangat bagus dalam hal itu, sehingga Anda tidak begitu memperdulikan kualitas permainannya. Dia adalah pemain tim dengan kualitas top, baik bersama atau tanpa bola," sambungnya.

"Dia paham permainan kok, tapi orang-orang lebih ngeh dengan sepakan bebas mautnya, eksekutor bola mati, dan juga korner. James Ward-Prowse luar biasa sekali."

(mrp/bay)