Arsenal Vs Burnley: The Gunners Tertahan Tanpa Gol di Kandang

Putra Rusdi K - Sepakbola
Minggu, 23 Jan 2022 22:55 WIB
London -

Arsenal tertahan di kandang oleh Burnley. The Gunners gagal membongkar lini pertahanan The Clarets hingga skor 0-0 menutup laga.

Arsenal menjamu Burnley di Emirates Stadium pada laga lanjutan Liga Inggris, Minggu (23/1/2021) malam WIB. Tuan rumah tampil dominan sepanjang laga.

Mereka mencatatkan penguasaan bola sebesar 75,7 persen dibanding Burnley yang hanya 24,3 persen. Meski begitu, pasukan Mikel Arteta tak cukup baik dalam mengkonversi peluang.

Arsenal total bikin 20 tembakan tapi hanya 5 yang mengarah ke gawang dan tak ada yang berbuah gol. Sementara, Burnley yang fokus bertahan hanya membuat 10 percobaan dengan satu on target.

Skor 0-0 menutup laga. Hasil ini bikin Arsenal tetap berada di peringkat keenam.

Mereka mengumpulkan 36 poin hanya berjarak satu angka dari Tottenham Hotspur di posisi ketujuh. Tottenham baru akan bermain setelah ini menghadapi Chelsea.

Untuk Burnley, tambahan satu angka belum mampu mengangkat posisi mereka dari juru kunci dengan raihan 12 angka.

[Gambas:Opta]

Jalannya Pertandingan

Arsenal mengambil inisiatif menyerang di awal laga.Namun, Burnley yang mengancam lebih dulu.

Dwight McNeil bergerak dari sisi kiri. Kiriman bolanya mengarah langsung ke gawang Arsenal. Aaron Ramsdale sigap mengantisipasinya dengan bisa menepis bola.

The Gunners tak tinggal diam. Peluang emas mereka hadirkan pada menit ke-20.

Kerja sama apik Emile Smith-Rowe dan Martin Odegaard membongkar lini pertahanan Burnley. Smith-Rowe melepas umpan tarik dari sisi kanan kotak penalti yang bisa disambar Odegaard.

Arsenal gagal membobol gawang The Clarets usai Nick Pope tampil gemilang. Ia bisa menghalau tembakan Odegaard dengan kakinya.

Odegaard kembali coba mengancam peda menit ke-27 lewat sepakan bebas. Namun, bola masih lemah hingga mudah diamankan Pope.

Meriam London setelahnya tampil dominan mengurung lini pertahanan Burnley. Tim tamu bermain keras untuk meredam tekanan Arsenal.

Arsenal hampir memecah kebuntuan di menit akhir babak pertama. Bukayo Saka menusuk dari sisi kanan kotak penalti.

Ia punya ruang untuk melepas tembakan. Upaya melepas tembakan belum membuahkan hasil karena masih melebar.

Skor tak berubah tetap 0-0 hingga turun minum.

Di awal babak kedua, situasi tak banyak berubah. Arsenal mengurung lini pertahanan Burnley. Meski demikian, mereka kesulitan menemukan celah melepas tembakan ke arah gawang Pope.

Arsenal punya kesempatan usai mendapat tendangan bebas tepat di depan kotak penalti Burnley. Meski demikian eksekusi Odegaard juga masih melambung tipis.

Pope bikin penyelamatan gemilang pada menit ke-64. Ia mampu menepis tembakan Smith-Rowe yang menyambar bola sepak pojok.

Alexandre Lacazette membuang peluang untuk membawa Arsenal unggul di menit ke-68. Sontekannya di depan gawang menyambut umpan Smith-Rowe masih melebar.

Di sisa laga, Arsenal buntu untuk menebus lini pertahan Burnley. Tak ada gol yang tercipta hingga laga tuntas. Skor 0-0 mengakhiri 90 menit.

Susunan Pemain

Arsenal: Aaron Ramsdale; Rob Holding, Ben White, Gabriel Magalhaes, Kieran Tierney; Albert Sambi Lokonga; Bukayo Saka, Martin Odegaard, Emile Smith Rowe (Edward Nketiah 76'), Gabriel Martinelli; Alexandre Lacazette.

Burnley: Nick Pope; Connor Roberts, James Tarkowski, Ben Mee, Erik Pieters; Aaron Lennon, Ashley Westwood, Josh Brownhill, Dwight McNeil; Jay Rodriguez (Johann Berg Gudmundsson 83'), Matej Vydra.

(pur/bay)