Fans West Ham Gugat Gol Rashford, Kasih Bukti Kocak Cavani Offside

Kris Fathoni W - Sepakbola
Senin, 24 Jan 2022 16:00 WIB
MANCHESTER, ENGLAND - OCTOBER 20: Edinson Cavani of Manchester United during the UEFA Champions League group F match between Manchester United and Atalanta at Old Trafford on October 20, 2021 in Manchester, England. (Photo by Naomi Baker/Getty Images)
Operan Edinson Cavani ke Marcus Rashford dipertanyakan fans West Ham. (Foto: Getty Images/Naomi Baker)
Jakarta -

Gol tunggal Marcus Rashford jadi pembeda di laga Manchester United vs West Ham United. Masih ada saja fans West Ham yang tak terima dan menggugat prosesnya karena menganggap Edinson Cavani sudah offside sebelum mengoper ke Rashford.

The Red Devils sempat kesulitan mencari gol untuk menghabisi The Hammers pada akhir pekan. Tapi tiga pergantian pemain Ralf Rangnick di laga pada akhir pekan itu terbukti jitu.

Masuknya Anthony Martial, Edinson Cavani, dan Rashford pada prosesnya membuahkan gol satu-satunya di dalam pertandingan, ketika laga memasuki menit ke-93.

Operan Martial ke arah Cavani, yang lantas menyodorkan bola ke depan gawang untuk dituntaskan Rashford lewat sebuah tap-in memastikan Man United meraih kemenangan beruntun pertama di bawah arahan Rangnick.

Namun, sempat ada tanda tanya mengenai proses gol tersebut. Apakah gol Rashford memang sah? Atau secara lebih spesifik, apakah operan Martial ke Cavani offside?

Aturan Offside Liga Inggris

Ada yang menganggap Cavani offside saat Martial tepat akan memberi umpan karena posisi tangannya yang sudah melebihi kaki Aaron Cresswell sehingga mengklaim assist-nya kepada Rashford tidak sah.

Namun, menurut aturan Asosiasi Sepakbola Inggris (FA), tak ada yang keliru dari operan itu alias Cavani tidak offside. Berdasarkan aturan 11 mengenai offside, ada pernyataan yang berbunyi 'tangan dan lengan seluruh pemain, termasuk kiper, tidak masuk hitungan. Untuk menentukan offside, batas atas lengan sejajar dengan bagian bawah ketiak'.

Posisi Edinson Cavani saat menerima operan di laga lawan West Ham.Posisi Edinson Cavani saat menerima operan di laga lawan West Ham. Foto: via GiveMeSport

Dari tangkapan layar, lengan atas Cavani belum melewati garis biru, di mana kaki Cresswell menempel di sana. Tangan Cavani memang sudah lewat tapi menurut aturan FA hal itu tidak lantas jadi pertimbangan. Pasalnya, lengan atas Cavani masih berada di garis hijau, yang artinya menegaskan dirinya tidaklah offside.

Simak juga video 'Chelsea Lebih Percaya Diri, Rashford Diincar Puma':

[Gambas:Video 20detik]



Lantas, kenapa ada fans West Ham yang masih bersikeras Cavani offside? Simak di halaman selanjutnya!