Sesal Menantimu Tottenham Kalau Tak Dukung Conte Sepenuhnya

Rifqi Ardita Widianto - Sepakbola
Selasa, 25 Jan 2022 06:00 WIB
Tottenham Hotspur manager Antonio Conte reacts during the English Premier League soccer match between Southampton and Tottenham Hotspur, at St. Marys Stadium, Southampton, England, Tuesday, Dec. 28, 2021. (Andrew Matthews/PA via AP)
Tottenham Hotspur diminta mendukung penuh Antonio Conte. (Foto: AP/Andrew Matthews)
Jakarta -

Tottenham Hotspur diminta tak setengah-setengah dalam mempercayakan proyek tim ke Antonio Conte. Manajemen diharapkan mendukung sang manajer sepenuhnya.

Antonio Conte didatangkan Tottenham Hotspur pada November 2021 lalu untuk menggantikan Nuno Espirito Santo. Di bawah kendalinya, Spurs mulai lebih solid dan merangkak naik di papan klasemen Liga Inggris.

The Lilywhites saat ini memang masih tertahan di urutan tujuh dengan 36 poin, namun memainkan laga paling sedikit dibandingkan para rivalnya untuk empat besar. Mereka baru bermain 20 kali, sementara Manchester United sudah 22 kali, West Ham United 23 kali, dan Arsenal 21 kali.

Sementara selisih poin dengan MU di urutan empat yang jadi batas zona Liga Champions saat ini hanya dua poin saja. Sebagai perbandingan, Tottenham tercecer di urutan sembilan sebelum kedatangan Conte dan empat besar terlihat jauh dari jangkauan.

Mantan gelandang Tottenham Hotspur Jermaine Jenas percaya Conte sepantasnya mendapatkan dukungan penuh dari manajemen terkait pembentukan tim. Ia harus diberikan keleluasaan untuk merekrut pemain.

"Saya sungguh sangat percaya dia sedang membangun sesuatu, tapi untuk mewujudkannya, dia butuh pemain-pemain yang tepat. Dan menurut saya apa gunanya merekrut Conte kalau tidak memberinya apa yang dia butuhnya," tulisnya dalam kolom di BBC.

"Dia bukanlah tipe manajer yang menghambur-hamburkan jutaan paun ke timnya. Yang dia ingin lakukan di Spurs adalah mendapatkan kualitas lebih baik dari yang dia punya dan saya rasa dia layak mendapatkannya," imbuh Jenas.

Sejauh ini sudah 16 pertandingan dilalui Tottenham bersama Conte, dengan catatan sembilan kemenangan, tiga imbang, dan empat kali kalah. Di Premier League, 10 laga dilewati dengan baru satu kekalahan ditelah yakni dari Chelsea pada akhir pekan lalu.

Selebihnya mereka menang enam kali dan tiga kali berimbang. Hasil-hasil itu dinilai menunjukkan kemampuan Conte meramu dan memaksimalkan skuad yang ada. Tapi ia butuh tambahan kualitas.

"Conte sudah membuat perbedaan besar dengan cara dia menggembleng sejumlah pemain menjadi sebuah skuad yang bisa menantang untuk posisi empat besar. Sebab ketika dia tiba, mereka jauh dari sana," sambung Jenas.

"Jadi akan bodoh untuk CEO Tottenham Daniel Levy jika tak mendukungnya, karena Conte adalah sosok yang tepat. Dia sosok yang Levy mestinya inginkan untuk lima tahun ke depan, jadi dia harus memperlakukannya dengan sepantasnya," ungkapnya.



Simak Video "Tottenham Mulai Bangkit Bersama Conte"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/bay)