Tuchel Akui Azpilicueta Bisa Saja Tinggalkan Chelsea

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Kamis, 19 Mei 2022 11:00 WIB
LILLE, FRANCE - MARCH 16: Coach of Chelsea Thomas Tuchel and Cesar Azpilicueta (left) celebrate the victory and the qualification following the UEFA Champions League Round Of Sixteen Leg Two match between Lille OSC (LOSC) and Chelsea FC at Stade Pierre Mauroy on March 16, 2022 in Villeneuve dAscq near Lille, France. (Photo by John Berry/Getty Images)
Manajer Chelsea Thomas Tuchel mengakui, Cesar Azpilicueta bisa saja hengkang di akhir musim ini. ( Foto: Getty Images/John Berry)
Jakarta -

Masa depan Cesar Azpilicueta di Chelsea dalam ketidakpastian. Thomas Tuchel ingin agar Azpilicueta bertahan, namun pemainnya itu bisa juga tetap memilih pergi.

Bek kanan Spanyol itu sedang menjalani musim kesepuluh bersama the Blues dengan torehan 474 penampilan. Kontribusi Azpilicueta ditandai dengan torehan 17 gol dan 56 assist di seluruh kompetisi.

Bersama Chelsea Azpilicueta telah memenangi seluruh gelar bergengsi yang tersedia. Total ada sembilan gelar, yang meliputi dua titel Premier League dan Liga Europa, satu Piala FA, Piala Liga Inggris, Liga Champions, Piala Dunia Antarklub dan Piala Super Eropa.

Akan tetapi, kerja sama Azpilicueta dengan Chelsea memungkinkan berakhir di musim panas nanti meskipun kontraknya baru habis pada tahun depan. Azpilicueta tengah santer dikabarkan dengan Barcelona.

Manajer Chelsea Thomas Tuchel mengungkapkan masih terus mengadakan pembicaraan dengan Azpilicueta mengenai masa depannya. Namun, Tuchel mengungkapkan Azpilicueta merasa siklusnya di Stamford Bridge sudah selesai sehingga butuh suasana baru.

"Kami sudah melakukan banyak pembicaraan karena sesungguhnya dia sudah memenangi segalanya setelah Piala Dunia Antarklub, kemudian mengingat situasi pribadinya saya bisa memahami pemikiran-pemikiran ini yang mungkin telah sampai di akhir siklus," ungkap Tuchel di ESPNFC.

"Kemudian ada pergantian pemilik klub dan dia hanya bermain di bawah pemilik ini di struktur ini jadi mungkin pemikiran keduanya tentang situasinya semakin meningkat. Namun, setelahnya perpanjangan kontrak dia dimulai di waktu bersamaan."

"Dia menyayangi klub ini, dia mencintai klub ini, dia suka berada di sini dan dia itu kapten kami. Kami masih dalam pembicaraan dan sekaligus kami egois juga. Kami tidak bertanggung jawab untuk mencari solusi atas kesulitan klub lain atau mengabulkan harapan klub lain."

"Mengingat kami sudah kehilangan pemain belakang, ini bukanlah skenario ideal untuk memikirkan tentang kehilangan Azpi karena saya bahkan bisa memahami sudut pandang pribadi dia. Saya sih sangat berharap [dia bertahan]. Dia tahu kok akan hal ini. Kami masih berbicara untuk menemukan ide-idenya," Tuchel menambahkan tentang masa depan Cesar Azpilicueta.

(rin/krs)