Tuchel: Chelsea Tidak Gagal di Musim Ini, tapi...

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Kamis, 19 Mei 2022 20:22 WIB
LONDON, ENGLAND - MAY 14: Marcos Alonso, Thiago Silva, Mason Mount, Reece James, Hakim Ziyech, Antonio RĂ¼diger, Jorginho, Ross Barkley, NGolo Kante of Chelsea during The FA Cup Final match between Chelsea and Liverpool at Wembley Stadium on May 14, 2022 in London, England. (Photo by Sebastian Frej/MB Media/Getty Images)
Manajer Chelsea Thomas Tuchel memberikan penilaian atas hasilmnya di musim ini. (Foto: Getty Images/Sebastian Frej/MB Media)
London -

Thomas Tuchel tidak sepakat jika Chelsea dianggap gagal setelah kalah di dua final di musim ini. Tapi Tuchel tak menyangkal hasil itu memang kurang memuaskan.

The Blues sukses menggondol dua trofi di musim ini, yaitu Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antarklub. Namun, Chelsea gagal di kompetisi-kompetisi utama.

Di ajang piala domestik, Mason Mount dkk mesti merelakan trofi juara Piala Liga dan Piala FA melayang ke tangan Liverpool. Si Biru berhasil mencapai final tapi semuanya kalah lewat adu penalti.

Chelsea juga gagal mempertahankan gelar juara Liga Champions setelah disingkirkan Real Madrid dengan agregat 4-5 di babak perempatfinal. Sedangkan di Liga Inggris, Chelsea tak mampu menyaingi Manchester City dan Liverpool dalam perburuan gelar juara.

Hasil terbaik tim London Barat tersebut adalah finis ketiga karena masih unggul dua poin dari Tottenham Hotspor, yang menghuni peringkat keempat. Chelsea bisa mengamankan posisinya itu jika terhindar dari kekalahan saat menjamu Leicester City di Stamford Bridge, Jumat (20/5/2022) dinihari WIB.

"Saya menolak menilai musim ini dari dua adu penalti," cetus manajer Chelsea itu di BBC Sport. "Jika kami memenangi adu penalti-adu penalti itu maka ini akan menjadi mungkin salah satu musim tersukses kami dalam sejarah dengan empat titel juara."

"Kalah di dua adu penalti tidak mengurangi betapa besarnya usaha yang sudah dilakukan tim dan sukses tim untuk mencapai dua final itu. Itulah mengapa saya mengatakan kepada tim, setelah final Piala FA, saya bangga dengan permainan kami di final-final itu, dan bagaimana kami berhadapan langsung dengan salah satu dari dua tim terbaik di dunia saat ini," lanjut Tuchel.

"Mudah-mudahan kami mampu finis ketiga jadi ada kemajuannya. Kami secara konsisten berada di tiga besar di liga tersulit di dunia, sekarang kami bersaing dengan tim-tim, yang mungkin, adalah dua tim terbaik yang pernah bermain di liga ini."

"Singkatnya, tidak perlu susah tidur setelah musim ini. Namun, memang ada ambisi besar di dalam diri kami yang memang belum terpuaskan," simpul Tuchel menilai Chelsea di musim ini.

(rin/krs)