Skenario Juara Liga Inggris untuk Liverpool

Tim detikcom - Sepakbola
Sabtu, 21 Mei 2022 16:00 WIB
LONDON, ENGLAND - SEPTEMBER 20: A detailed view of the Premier League trophy is seen prior to the Premier League match between Chelsea and Liverpool at Stamford Bridge on September 20, 2020 in London, England. (Photo by Michael Regan/Getty Images)
Foto: Getty Images/Michael Regan
Jakarta -

Liverpool terus menjaga persaingan gelar juara Liga Inggris dengan Manchester City sampai pekan pamungkas. Apa yang diperlukan Liverpool untuk jadi kampiun?

Pekan pamungkas musim 2021/2022 sudah di depan mata. Rangkaian laga Liga Inggris Premier League akan dimainkan secara berbarengan pada hari Minggu (22/5) pukul 22.00 WIB. Dua di antaranya menyedot perhatian tersendiri karena bisa turut menentukan gelar juara.

  • Liverpool vs Wolverhampton Wanderers
  • Manchester City vs Aston Villa

The Reds kini menempati posisi kedua klasemen Liga Inggris dengan ketinggalan satu poin dari the Citizens di posisi teratas. Liverpool juga kalah selisih gol atas Man City -- enam gol. The Citizens juga lebih produktif lima gol ketimbang Liverpool. Hal-hal itu bisa saja menjadi titik pembeda.

[Gambas:Opta]

Skenario juara Liverpool

Situasi saat ini membuat Liverpool bakal membidik tiga poin penuh di pekan pamungkas demi tetap memelihara peluang juara sampai dengan detik-detik terakhir, seraya mengharapkan Man City tersandung dalam pertandingannya.

Selain itu, ada pula skenario lain yang sebenarnya juga masih bisa bikin Liverpool juara Liga Inggris walaupun masih tetap bergantung pada hasil yang dituai oleh Man City -- saat melawan Aston Villa yang kini ditangani oleh legenda Liverpool Steven Gerrard.

Liverpool juara Premier League jika:

  • Liverpool menang lawan Wolves DAN Man City seri atau kalah lawan Aston Villa, atau;
  • Liverpool seri lawan Wolves DAN Man City kalah lawan Aston Villa dengan 7+ gol (demi mengejar selisih gol), atau;
  • Liverpool seri lawan Wolves DAN Man City kalah lawan Aston Villa dengan 6 gol DAN Liverpool mencetak 5+ gol lebih banyak ketimbang Man City (demi mengejar produktivitas).
(krs/adp)