Klopp Sikat Dua Award Manajer Terbaik Liga Inggris 2021/2022

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Rabu, 25 Mei 2022 07:29 WIB
LIVERPOOL, ENGLAND - MAY 22:  Liverpool Manager Jurgen Klopp reacts at the end of the Premier League match between Liverpool and Wolverhampton Wanderers at Anfield on May 22, 2022 in Liverpool, United Kingdom. (Photo by Chris Brunskill/Fantasista/Getty Images)
Juergen Klopp manaje terbaik Liga Inggris 2021/2022 (Getty Images/Chris Brunskill/Fantasista)
London -

Juergen Klopp memang gagal membawa Liverpool juara Liga Inggris 2021/2022. Tapi, Klopp malah menyabet dua award manajer terbaik musim ini.

Liverpool dipastikan gagal meraih gelar Premier League keduanya atau Liga inggris ke-20 akhir pekan kemarin. Kemenangan 3-1 atas Wolverhampton terbilang sia-sia karena di saat bersama Manchester City mengalahkan Aston Villa 3-2, setelah tertinggal dua gol.

Alhasil, Liverpool harus puas jadi runner-up dengan 92 poin dari 38 laga, selisih satu angka dari City! Ini bak mengulang kejadian pada 2018/2019 saat Liverpool juga gagal juara di pekan terakhir dan berselisih poin yang sama dari City sebagai juara.

Meski demikian, pencapaian Liverpool musim ini mengundang decak kagum karena mereka bertarung memperebutkan trofi hingga fase akhir. Liverpool sudah meraih gelar Carabao Cup dan Piala FA.

Belum lagi, Liverpool mampu memangkas jarak 14 poin dari City di awal tahun dan cuma kalah dua kali. Bahkan Liverpool mencatatkan rekor tak terkalahkan di kandang selama semusim, untuk kelima kalinya.

Maka dari itu, Klopp dinobatkan sebagai manajer terbaik Premier League musim ini. Dari pemilihan versi Premier League, Klopp mengalahkan sejumlah nama seperti Pep Guardiola, Eddie Howe, Patrick Vieira, dan Thomas Frank.

Selain Premier League, Asosiasi Manajer Liga Inggris (LMA) juga memilih Klopp sebagai manajer terbaik 2021/2022. Dua gelar manajer terbaik ini mengulang pencapaian Klopp saat menjuarai Liga Inggris 2019/2020.

Seremoni dilakukan di London, Rabu (25/5/2022) dini hari WIB di mana Sir Alex Ferguson menyerahkan trofi LMA's Manager of The Year kepada Klopp. Juergen Klopp dan Liverpool masih punya final Liga Champions kontra Real Madrid akhir pekan ini, untuk melengkapi Treble Winners.

(mrp/yna)