ADVERTISEMENT

Studi: Kiper Liverpool Alisson Paling Top di Premier League

Kris Fathoni W - Sepakbola
Kamis, 09 Jun 2022 11:43 WIB
LONDON, ENGLAND - MAY 14:   Alisson of Liverpool collides with Marcos Alonso of Chelsea during The FA Cup Final match between Chelsea and Liverpool at Wembley Stadium on May 14, 2022 in London, England. (Photo by Chris Brunskill/Fantasista/Getty Images)
Alisson Becker, kiper Liverpool. Foto: (Getty Images/Chris Brunskill/Fantasista)
Jakarta -

Alisson Becker, kiper Liverpool, didaulat menjadi yang terbaik di bawah mistar gawang Premier League. Predikat itu lahir lewat sebuah studi.

Sebagaimana dilaporkan SportBible, studi itu disusun oleh John Harrison, seorang spesialis data yang juga pemegang gelar PhD astronomi dari Universitas Cambridge.

Disebutkan lebih lanjut, Harrison menyusun sebuah studi untuk menemukan kiper terbaik dari enam kiper teratas Premier League. Hasilnya, secara statistik, Alisson Becker menjadi yang paling top di musim 2021/2022.

Kriteria statistik yang digunakan Harrison sampai akhirnya pada kesimpulan itu antara lain 'aksi menyetop bola, duel 1 lawan 1, aksi menghadapi tembakan, mengklaim bola umpan silang, menyapu bola umpan terobosan, kemampuan mengoper, dan mengoper saat berada di bawah tekanan lawan'. Dari situ, ia menghitung total penyelamatan masing-masing kiper.

"Dengan telak, statistik membuktikan Alisson merupakan kiper terbaik tahun ini!" tulisnya.

Penjaga gawang asal Brasil itu tercatat mampu menyelamatkan 18,94 gol sepanjang musim Premier League 2021/2022. Mengungguli kiper Tottenham Hotspur Hugo Lloris, penyelamatan 7,34 gol, yang menempati posisi kedua studi Harrison.

Harrison menambahkan bahwa Alisson bukan cuma, "di atas rata-rata dalam semua aspek menjaga gawang, ia pun menjadi kiper terbaik di semua aspek individu."

detikers setuju dengan hasil studi John Harrison bahwa Alisson adalah kiper terbaik di Premier League 2021/2022?

(krs/mrp)

ADVERTISEMENT