ADVERTISEMENT

Catat! Tak Ada Big Match di Premier League Jelang Piala Dunia

Adhi Prasetya - Sepakbola
Kamis, 16 Jun 2022 22:25 WIB
Manchester Citys Kevin De Bruyne, centre, celebrates after scoring the opening goal of the game during the English Premier League soccer match between Manchester City and Liverpool, in Manchester, England, Sunday, April 10, 2022. (AP Photo/Jon Super)
Tak ada big match pada pekan terakhir Liga Inggris sebelum Piala Dunia 2022. Foto: AP/Jon Super
Jakarta -

Jadwal Premier League musim depan telah diumumkan, dan Timnas Inggris mendapat sedikit keuntungan dari tak adanya big match yang melibatkan enam tim besar pada pekan terakhir sebelum Piala Dunia 2022 dimulai.

Sebelumnya, FA mengajukan permohonan resmi kepada Premier League agar Arsenal, Chelsea, Liverpool, Manchester United, Manchester City, dan Tottenham Hotspur tak saling bertemu pada 12 November, atau pekan terakhir sebelum Piala Dunia dimulai.

Alasan itu diajukan agar klub-klub besar (yang banyak diisi pemain timnas) tak menjalani laga besar yang melelahkan, padahal Piala Dunia 2022 di Qatar akan dimulai kurang dari 10 hari setelahnya. Dengan begitu, risiko cedera bisa dikurangi.


FA sendiri awalnya tak betul-betul yakin permintaan di atas bisa terkabul, sebab pembuatan jadwal Premier League bukan di tangan mereka, melainkan Atos, sebuah perusahaan IT yang telah ditunjuk.

Namun Atos pun turut mempertimbangkan banyak hal dalam membuat kalender Premier League semusim. Bukan hanya jadwal timnas, kompetisi antarklub Eropa, dan Piala FA saja yang dilihat, namun juga permintaan dari klub, suporter, hingga kepolisian.

Misalnya, pada musim 2012/13 atau 10 tahun lalu, Kepolisian Metropolitan London pernah meminta agar tak ada big match sampai tanggal 8 September di ibu kota, sebab sedang ada Olimpiade dan Paralimpiade. Permintaan itu dikabulkan.


Seperti hal di atas, keinginan FA pun akhirnya dikabulkan. Dalam jadwal Premier League 2022/23 yang sudah dirilis, tak ada big match yang digelar pada tanggal 12 November.

MU 'hanya' akan bertandang ke markas Fulham, sementara Liverpool menjamu Southampton. Lalu Chelsea berjumpa Newcastle United, dan Man City kedatangan Brentford. Tottenham akan melawan Leeds United, dan Arsenal bertemu Wolverhampton.

Timnas Inggris yang mayoritas pemainnya bermain di 'big six' jelas akan diuntungkan dari jadwal tersebut, namun jangan lupa bahwa banyak negara lain yang juga mendapat benefit.


Mengingat pengumuman skuad Piala Dunia 2022 kemungkinan besar akan dilakukan sebelum 12 November, maka para pelatih mungkin akan mengistirahatkan sejumlah pemain bintang di tanggal tersebut agar bisa tampil lebih bugar di Qatar.

Jadwal Liga Inggris di pekan terakhir sebelum Piala Dunia 2022, Sabtu 12 November 2022:

AFC Bournemouth vs Everton
Brighton vs Aston Villa
Fulham vs Manchester United
Liverpool vs Southampton
Manchester City vs Brentford
Newcastle United vs Chelsea
Nottingham Forest vs Crystal Palace
Tottenham Hotspur vs Leeds United
West Ham United vs Leicester City
Wolverhampton vs Arsenal

(adp/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT