Zidane Enggan Latih MU karena ...

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Jumat, 24 Jun 2022 10:40 WIB
Real Madrids head coach Zinedine Zidane gestures during the Spanish La Liga soccer match between Granada and Real Madrid at Los Carmenes stadium in Granada, Spain, Thursday, May 13, 2021. (AP Photo/Fermin Rodriguez)
Zinedine Zidane sempat dikaitkan dengan Manchester United usai Ole Gunnar Solskjaer dipecat (Foto: AP/Fermin Rodriguez)
Jakarta -

Zinedine Zidane akhirnya buka suara soal melatih Manchester United. Ada faktor yang menahan Zidane untuk menerima tawaran dari klub Inggris itu.

Zidane sempat dikaitkan dengan MU usai Ole Gunnar Solskjaer diberhentikan pada November lalu. MU pada akhirnya menunjuk Ralf Rangnick sebagai manajer interim.

Bukan kali itu saja Zidane dikabarkan diincar MU. Pria asal Prancis itu kerap dikaitkan dengan Setan Merah sejak meninggalkan Real Madrid untuk pertama kalinya pada 2018.

Zidane mengakui kendala bahasa membuatnya tak bisa mengambil pekerjaan di mana pun.

"Ketika saya masih jadi pemain, saya bisa memilih hampir setiap klub. Sebagai pelatih, ada 50 klub yang tidak bisa saya tuju. Ada dua atau tiga kemungkinan," ujar Zidane kepada L'Equipe.

"Kalau saya kembali ke klub, itu untuk menang. Saya katakan ini dengan kerendahan hati. Itulah kenapa saya tidak bisa ke mana saja."

"Untuk alasan lain juga, saya mungkin tidak bisa pergi ke mana saja. Yang mana? Bahasa, sebagai contoh," lanjut pria 50 tahun itu.

"Kondisi tertentu membuat semua jadi lebih sulit. Ketika orang-orang bilang kepada saya: 'Apakah Anda ingin ke Manchester?' Saya paham bahasa Inggris, tapi tidak sepenuhnya fasih."

"Saya tahu ada pelatih yang pergi ke klub tanpa bicara bahasanya, tapi saya bekerja dengan cara berbeda. Untuk jadi juara, banyak elemen berpengaruh. Ini konteks global. Jadi, saya tahu apa yang saya butuhkan untuk menang," kata Zidane.

(nds/mrp)