ADVERTISEMENT

Rencana Pramusim Ten Hag di MU: Soal Rumput Sampai Jadwal Makan

Adhi Prasetya - Sepakbola
Senin, 27 Jun 2022 19:40 WIB
ARNHEM, NETHERLANDS - MAY 15:  AFC Ajax Head Coach / Manager, Erik ten Hag thanks the away fans after the Dutch Eredivisie match between Vitesse and Ajax Amsterdam held at Gelredome on May 15, 2022 in Arnhem, Netherlands. (Photo by Dean Mouhtaropoulos/Getty Images)
Ten Hag sudah memulai petualangan sebagai manajer MU. Foto: Getty Images/Dean Mouhtaropoulos
Jakarta -

Era Erik ten Hag di Manchester United sudah dimulai. Ada sejumlah hal menarik yang baru terungkap mengenai rencana pramusim manajer asal Belanda itu.

Dilaporkan Mirror, Ten Hag sudah mulai bekerja di Carrington pada Senin (27/6/2022) pagi waktu setempat. Asistennya, Steve McClaren juga sudah hadir.

Belum ada pemain-pemain bintang macam Cristiano Ronaldo atau Bruno Fernandes yang hadir. Mereka semua diberi libur lebih lama, termasuk yang membela timnas negara masing-masing di UEFA Nations League. Kemunculan merekan di markas latihan akan terjadi secara bertahap.

Di awal-awal, Ten Hag meminta hal khusus kepada staf lapangan MU, yakni memotong rumput hingga setinggi 1,5 cm saja. Hal ini dilakukan untuk mengakomodir skema permainan Ten Hag yang menuntut passing-passing bagus.

Kemudian Ten Hag juga akan meminta para pemain MU makan bersama setelah latihan di waktu yang sama, dan para staf pelatih juga ikut. Hal ini diterapkan di era Sir Alex Ferguson, namun belakangan ini tidak.

Para pemain bebas makan di restoran kapan saja mereka mau, beberapa malah ada yang memilih pergi ke gym atau langsung pulang setelah latihan. Hal ini diyakini kurang membantu menciptakan kebersamaan tim, dan ingin diperbaiki Ten Hag.

Ia juga akan mengubah metode latihan, terutama untuk melatih fisik. Ia ingin menilai seberapa bugar kondisi para pemain MU untuk bisa nyetel dengan permainannya, namun dengan caranya sendiri.

Untuk meningkatkan stamina, ia lebih suka meminta para pemain berlari sambil menggiring bola atau latihan mengumpan ketimbang berlari saja. Ini dimaksudkan untuk mengasah daya tahan sekaligus memperbaiki teknik.

"Ten Hag fokus melatih otak. Para pemain MU akan banyak berlari, tapi sambil menggiring bola ketimbang hanya sekadar berlari di gurun pasir," ujar seorang sumber yang dekat dengan Ten Hag.

Ten Hag dikontrak tiga musim melatih MU, dengan opsi diperpanjang. Ia dituntut membawa MU kembali bangkit dan konsisten bersaing di papan atas Liga Inggris, sesuatu yang tak terjadi selama beberapa tahun terakhir.

(adp/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT