Meski Degradasi, Norwich Malah Kantungi Rp 1,7 T

ADVERTISEMENT

Meski Degradasi, Norwich Malah Kantungi Rp 1,7 T

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Jumat, 16 Sep 2022 23:00 WIB
NORWICH, ENGLAND - SEPTEMBER 14: Teemu Pukki of Norwich City celebrates scoring his sides opening goal during the Sky Bet Championship match between Norwich City and Bristol City at Carrow Road on September 14, 2022 in Norwich, England. (Photo by Stephen Pond/Getty Images)
Norwich City tetap dapat duit banyak meski degradasi dari Premier League musim lalu (Getty Images/Stephen Pond)
London -

Premier League memang menjanjikan uang besar. Buktinya Norwich City yang jadi juru kunci musim lalu mendapatkan hadiah Rp 1,7 triliun!

Norwich terpaksa numpang lewat di Premier League 2021/2022. Meski datang dengan status juara Championship, tim tersebut finis posisi ke-20 dengan hanya lima kali menang, 26 kali kalah, dan kebobolan 84 gol!

Tapi, Norwich setidaknya turun dengan senyum lebar karena dari sisi finansial, mereka cuan. Dikutip dari situs Premier League terkait alokasi hadiah musim lalu, Norwich mengantungi lebih dari 100 juta paun!

Tepatnya 100,589 juta paun hasil dari pembagian keuntungan sebesar 31 juta paun dari domestik dan 48 juta paun dari internasional. Total sekitar 79 juta paun itu cuma dari hak siar!

Jumlah tersebut sama untuk seluruh 20 klub peserta liga musim lalu yang ditambah dana komersial masing-masing 6,8 juta paun. Lalu, berapa selisih pendapatan Norwich dari Premier League dengan Manchester City yang jadi juara?

Ternyata tidak begitu jauh juga, "hanya" 52 juta paun karena total hadiah dibedakan menurut jumlah pertandingan yang ditayangkan secara live dan juga posisi finis. Semakin tinggi finisnya, maka hadiah yang didapat semakin besar.

City yang jadi juara mendapat total 153 juta paun disusul runner-up Liverpool dengan 151 juta paun. Burnley yang degradasi juga mendapat 104,7 juta paun dan Watford mendapat 102,656 juta paun.

Musim lalu, Liverpool dan Arsenal paling banyak disiarkan secara live yakni 29 kali, disusul duo Manchester, City dan United, sebanyak 28 kali.

Tapi, lagi-lagi bukan berarti Arsenal yang finis kelima akan mendapat uang lebih banyak dari peringkat keempat Tottenham Hotspur. Sebab Tottenham mendapat 146 juta, selisih satu juta paun dari Arsenal karena peringkatnya lebih tinggi.

Hadiah Premier League 2021/2022Hadiah Premier League 2021/2022 Foto: Istimewa

Wajar jika Premier League begitu menggoda bagi banyak pemain karena tawaran kontraknya begitu besar, mengingat penghasilan klubnya pun gila. Bandingkan dengan AC Milan sebagai juara Serie A musim lalu cuma mendapat 77,9 juta euro dari hak siar!

(mrp/cas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT