Bela Van Dijk, Jaap Stam Pakai Messi sebagai Pembanding

ADVERTISEMENT

Bela Van Dijk, Jaap Stam Pakai Messi sebagai Pembanding

Rifqi Ardita Widianto - Sepakbola
Rabu, 28 Sep 2022 18:20 WIB
AMSTERDAM, NETHERLANDS - SEPTEMBER 25: Virgil van Dijk of Netherlands in action during the UEFA Nations League League A Group 4 match between Netherlands and Belgium at Johan Cruijff ArenA on September 25, 2022 in Amsterdam, Netherlands. (Photo by Dean Mouhtaropoulos/Getty Images)
Virgil van Dijk tampil mengecewakan di awal musim ini. (Foto: Getty Images/Dean Mouhtaropoulos)
Jakarta -

Virgil van Dijk disorot performanya musim ini di tengah Liverpool yang masih angin-anginan. Bek legendaris Belanda Jaap Stam meyakinkan ini hal wajar.

Virgil van Dijk dianggap mengendur performanya awal musim ini. Salah satu hal yang paling dikecam adalah kerapnya ia mematung alih-alih menutup ruang tembak lawan, seperti yang terjadi pada gol Jadon Sancho (vs Manchester United) dan Mohamed Kudus (vs Ajax).

Sejauh ini bek 31 tahun itu juga sudah mengakibatkan dua penalti. Liverpool secara keseluruhan kebobolan 12 gol dari sembilan pertandingan, menunjukkan mediokernya performa pertahanan mereka.

Mantan bek Manchester United dan timnas Belanda Jaap Stam ikut bicara soal situasi yang dihadapi juniornya itu. Ia mengingatkan bahwa wajar saja seorang pesepakbola di level top mengalami sedikit penurunan, sebagaimana halnya Lionel Messi yang sempat dicap mulai habis.

"Virgil adalah salah satu bek terbaik di dunia. Semua orang tahu itu juga. Dia masih yang terbaik. Saya rasa kalau Anda melihat ke setiap pemain di level yang sangat tinggi, semuanya punya momen di mana dia tak semeyakinkan sebelumnya," kata Stam kepada Liverpool Echo.

"Enggak berarti dia bermain dengan buruk, hanya saja kalau Anda main di level itu selama beberapa musim dan kemudian ada periode saat itu tak terjadi atau mungkin kadang dia membuat keputusan berbeda, orang-orang berpikir apa yang terjadi dengannya. Masihkan dia di level yang sama?"

"Ya begitulah di sepakbola. Kita semua perlu tahu itu juga. Lihatlah ke Messi, dia masih salah satu pemain terbaik di dunia. Orang-orang sebelumnya membicarakannya beberapa bulan lalu, seperti dia enggak bisa main lagi. Bukan itu kan yang terjadi, dia masih pemain yang sangat bagus," imbuh pria yang sempat membela Lazio itu.



Simak Video "Liverpool Bobrok dan Dihantam Badai Cedera, Klopp Minta Maaf"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/aff)

ADVERTISEMENT