Statistik Maguire Ternyata Nyaris Identik sama Van Dijk

ADVERTISEMENT

Statistik Maguire Ternyata Nyaris Identik sama Van Dijk

Kris Fathoni W - Sepakbola
Jumat, 30 Sep 2022 10:40 WIB
MANCHESTER, ENGLAND - AUGUST 07: Harry Maguire of Manchester United in action during the Premier League match between Manchester United and Brighton & Hove Albion at Old Trafford on August 07, 2022 in Manchester, England. (Photo by Michael Regan/Getty Images)
Bek MU Harry Maguire. Foto: Getty Images/Michael Regan
Jakarta -

Sebuah studi mengungkap kalau statistik bek Manchester United Harry Maguire, yang sedang dalam sorotan, ternyata nyaris identik dengan bek Liverpool Virgil van Dijk.

Seperti dilansir SportBible, riset itu dilakukan Midnite yang sudah "mengoleksi statistik defensif dari seluruh bek tengah yang rutin bermain untuk tim enam besar (Arsenal, Tottenham, Manchester City, Manchester United, Liverpool, dan Chelsea) dan kemudian membandingkannya satu sama lain."

Dari studi itu, salah satu hal yang ditemukan adalah bahwa Maguire sebenarnya memiliki statistik defensif yang mirip dengan Van Dijk, yang dalam beberapa musim terakhir dianggap sebagai bek tengah terbaik Premier League tapi akrab dengan kritik di awal musim ini.

"Dalam 202 penampilannya di Premier League, ia (Van Dijk) sudah membuat 206 tekel dengan tingkat kesuksesan 69 persen, membuat 221 intersep, untuk memperlihatkan ia punya kemampuan membaca permainan yang tinggi."

"Tapi dalam empat laga lebih banyak, Maguire sudah membuat 254 tekel, dengan tingkat kesuksesan nyaris identik yakni 67 persen."

Tidak cuma itu. Statistik keduanya di dalam hal duel udara dan intersep juga mirip-mirip.

LIVERPOOL, ENGLAND - AUGUST 15: Virgil van Dijk of Liverpool during the Premier League match between Liverpool FC and Crystal Palace at Anfield on August 15, 2022 in Liverpool, United Kingdom. (Photo by Robbie Jay Barratt - AMA/Getty Images)Bek Liverpool Virgil van Dijk. Foto: Getty Images/Robbie Jay Barratt - AMA

"Terkait intersep, bintang United itu juga sama impresifnya dengan total 326 (intersep) atau 1,58 intersep per pertandingan. Van Dijk punya 1,59 (intersep) per pertandingan."

Virgil van Dijk memenangi 74 persen duel udaranya. Unggul tipis dari 72 persen untuk Harry Maguire. Kedua statistik itu disebut sebagai torehan terbaik di antara bek-bek tengah di antara klub enam besar.

(krs/rin)