Arsenal Vs Tottenham Main Sabtu Malam, Ini 10 Data dan Faktanya

ADVERTISEMENT

Arsenal Vs Tottenham Main Sabtu Malam, Ini 10 Data dan Faktanya

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Jumat, 30 Sep 2022 12:00 WIB
Jakarta -

Duel Arsenal vs Tottenham Hotspur menandai Derby London Utara jilid I 20222/2023. Puncak klasemen Liga Inggris menjadi pertaruhannya.

Arsenal akan menjamu Tottenham di Stadion Emirates pada Sabtu (1/10/2022) pada pukul 18.30 WIB. Kedua tim cuma terpaut satu poin di papan klasemen; the Gunners berada di singgasana dengan 18 poin sedangkan Spurs di posisi ketiga, di belakang juara bertahan Manchester City.

Arsenal didukung rekor kandang bagus melawan Tottenham karena tidak terkalahkan dalam 12 tahun. Sedangkan pertemuan terakhir kedua tim di Emirates berakhir dengan kemenangan Arsenal 3-1 pada September tahun lalu.

Berikut ini adalah 10 data dan fakta seputar pertandingan Arsenal vs Tottenham, yang dirangkum Opta:

1. Arsenal telah memenangi dua pertandingan kandang Premier League terakhir melawan Tottenham. Terakhir kalinya Arsenal meraih tiga kemenangan beruntun melawan mereka pada Februari 2012 dan September 2013.

2. Tottenham menderita kekalahan dua dari tiga pertandingan terakhir liga melawan Arsenal (menang 1). Jumlah kekalahan itu sebanyak yang didapatkan Spurs pada 13 pertandingan sebelumnya (menang 5, seri 6).

3. Arsenal cuma sekali dari 29 pertandingan kandang terakhir di Premier League melawan Spurs (menang 17, seri 11). Arsenal juga tidak terkalahkan dalam 11 pertandingan terakhir melawan rivalnya itu di Stadion Emirates sejak kalah 2-3 pada November 2010.

4. Tottenham telah mencetak setidaknya satu gol di masing-masing dari 10 pertandingan melawan Arsenal di seluruh kompetisi. Itu adalah laju mencetak gol terpanjang kedua Spurs melawan Arsenal setelah 24 kali mencetak gol berturut-turut di antara 1955 dan 1967.

5. Ini adalah duel pertama Arsenal dengan Tottenham di Premier League, dengan salah satu tim memuncaki klasemen sejak Desember 2007. Ketika itu Arsenal, yang memimpin klasemen, memang 2-1 di kandang sendiri.

6. Arsenal belum mencetak clean sheet di delapan laga kandang terakhirnya di Premier League, meskipun berhasil meraih enam kemenangan beruntun di Emirates. Hanya Liverpool yang berhasil meraih kemenangan kandang terpanjang berturut-turut di kompetisi ini meskipun selalu kebobolan (8 kali di antara Agustus-Desember 2019).

7. Tottenham adalah satu dari dua tim yang masih belum terkalahkan di Premier League musim ini (menang 5, seri 2). Hanya Manchester City (23) yang mencetak lebih banyak gol daripada Spurs sejauh ini (18). Hanya sekali Spurs tidak terkalahkan dalam delapan pertandingan pertamanya di sebuah musim Premier League pada 2016/17.

8. Manajer Arsenal Mikel Arteta sudah memenangi dua laga kandang melawan Tottenham. Hanya dua manajer the Gunners lain dalam sejarah klub yang berhasil memenangi tiga laga kandang pertama melawan Spurs, yaitu George Morrell (1909/11) dan Terry Neill (1977/79).

9. Harry Kane tidak hanya menjadi top scorer di Derby London Utara dengan 13 gol. Striker Tottenham itu juga lebih banyak mencetak gol di Premier League melawan Arsenal (13), dibandingkan pemain-pemain manapun.

10. Setelah gagal mencetak gol atau assist di sembilan pertandingan Premier League pertamanya melawan Arsenal, pemain Tottenham Son Heung-min sejauh ini sudah terlibat secara langsung dalam terjadinya enam gol (4 gol, 2 assist) di lima pertandingan terakhir melawan Arsenal. Salah satunya terjadi di Stadion Emirates, saat mencetak gol dalam kekalahan Spurs 1-3 pada musim lalu.

(rin/krs)

ADVERTISEMENT