Liverpool Lagi Krisis, Klopp Sebut-sebut Ronaldo dan Messi

ADVERTISEMENT

Liverpool Lagi Krisis, Klopp Sebut-sebut Ronaldo dan Messi

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Selasa, 04 Okt 2022 06:40 WIB
Liverpool -

Manajer Liverpool Juergen Klopp tak memungkiri timnya krisis. Baginya itu wajar karena pemain sekelas Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi pernah mengalaminya.

Klopp memasuki musim ketujuhnya bersama Liverpool dan kondisinya sejauh ini tidak seperti keinginannya. Meski sempat memenangi Community Shield, Liverpool malah jeblok di tiga bulan awal.

Di Premier League, Liverpool baru menang dua kali tujuh pertandingan dan sisanya empat kali seri serta sekali kalah. Mereka bahkan sudah kebobolan sembilan gol dan kini terpuruk di posisi kesembilan, selisih 11 poin dari Arsenal di puncak klasemen.

Nasib Liverpool di Liga Champions pun sama saja setelah kalah 1-4 dari Napoli di laga pembuka, sebelum mengalahkan Ajax Amsterdam 2-1. Para pemain bintang Liverpool seperti Mohamed Salah, Virgil van Dijk, dan Trent Alexander-Arnold lagi menurun drastis.

Wajar Liverpool disorot habis karena kondisinya saat ini dan Klopp mulai dipertanyakan kesaktiannya sebagai manajer. Sebab seperti tradisi di dua klub sebelumnya, Klopp selalu menurun di musim ketujuhnya.

Terkait performa Liverpool saat ini, Klopp mengibaratkan layaknya Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Sehebat apapun kedua pemain itu, pasti ada masa-masa mereka kesulitan.

Contohnya Ronaldo musim ini tidak lagi terpakai oleh Erik ten Hag di Manchester United dan cuma menghiasi bangku cadangan. Padahal hal seperti itu tidak pernah dialami Ronaldo sebelumnya.

Messi pada musim pertamanya di Paris Saint-Germain juga kesulitan dan malah dianggap habis. Tapi pada musim keduanya, Messi melesat dan mampu tampil seperti sedia kalanya.

"Apakah Cristiano Ronaldo saat ini berada dalam kondisi terbaiknya? Itu terjadi pada kami semua. Lionel Messi di Paris Saint-Germain musim lalu - sama juga kok," ujar Juergen Klopp seperti dikutip ESPN.

"Anda harus mengambil langkah yang tepat dan ketika Anda siap, maka Anda bisa bangkit.. Kami harus sabar untuk bisa mengembalikan semuanya lagi dan kami bakal baik-baik saja kok."

(mrp/bay)

ADVERTISEMENT