MU Incar Yann Sommer, Bagaimana Nasib De Gea?

ADVERTISEMENT

MU Incar Yann Sommer, Bagaimana Nasib De Gea?

Adhi Prasetya - Sepakbola
Jumat, 09 Des 2022 11:00 WIB
LUSAIL CITY, QATAR - DECEMBER 06: Yann Sommer, Goalkeeper of Switzerland gestures during the FIFA World Cup Qatar 2022 Round of 16 match between Portugal and Switzerland at Lusail Stadium on December 6, 2022 in Lusail City, Qatar. (Photo by Richard Sellers/Getty Images)
Yann Sommer. Foto: Getty Images/Richard Sellers
Manchester -

Manchester United sedang mencari kiper baru untuk musim depan. Yann Sommer, yang kini membela Borussia Monchengladbach, menjadi incaran Setan Merah.

Dilaporkan ESPN, kontrak Sommer di Liga Jerman akan habis pada Juni 2023, sehingga MU berpeluang mendapatkannya secara gratis di musim panas mendatang. Mereka bahkan sudah bisa bernegosiasi dengan kiper 33 tahun itu di bulan Januari nanti.

Sommer merupakan kiper utama Timnas Swiss, dan dikenal cukup bagus dalam menepis penalti. Sudah sembilan musim ia bermain di Bundesliga, dan diyakini bisa nyetel dengan skema permainan manajer MU, Erik Ten Hag yang juga pernah melatih di Jerman.

MANCHESTER, ENGLAND - OCTOBER 30: David de Gea of Manchester United during the Premier League game between Manchester United and West Ham United at Old Trafford on October 30, 2022 in Manchester, United Kingdom. (Photo by Matthew Ashton - AMA/Getty Images)De Gea sedang menjalani musim ke-12 bersama MU, namun kontraknya akan habis di Juni 2023. Foto: Getty Images/Matthew Ashton - AMA

Ten Hag disebut ingin melakukan penyegaran di sektor penjaga gawang. Martin Dubravka yang dipinjam dari Newcastle United sejauh ini baru main satu laga dan kemungkinan akan dikembalikan ke St James' Park musim depan.

Dean Henderson tampak akan pulang, sebab tak ada klausul untuk dipermanenkan dalam masa peminjamannya ke Nottingham Forest musim ini. Namun kontrak David de Gea juga akan habis tahun depan, dan sejauh ini belum diperpanjang.

Kiper Spanyol itu bahkan belum diajak membahas kontrak baru. Meski begitu, MU punya opsi memperpanjang kontraknya saat ini selama setahun hingga 2024. Sekarang, keputusan ada di tangan MU, apakah ingin melanjutkan kerja sama atau tidak.

De Gea sendiri sudah menjadi kiper MU sejak 2011. Ia, bersama Phil Jones, merupakan satu dari dua pemain dari era Sir Alex Ferguson yang masih bertahan hingga kini. Ia juga menjadi generasi terakhir MU yang merasakan gelar Liga Inggris.

Selama di Old Trafford, De Gea sudah empat kali dinobatkan menjadi pemain terbaik klub. Namun ia dinilai kurang cakap sebagai ball-playing goalkeeper, padahal Ten Hag butuh kiper dengan tipe tersebut. Hal ini pula yang membuatnya tersingkir di Timnas Spanyol era Luis Enrique.

(adp/rin)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT