sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 21 Mar 2020 02:00 WIB

Jika Serie A Tetap Lanjut, Kontrak Pemain Bisa Bermasalah

Putra Rusdi K - detikSport
FERRARA, ITALY - FEBRUARY 22:  A official ball of serie A is displayed during the Serie A match between SPAL and  Juventus at Stadio Paolo Mazza on February 22, 2020 in Ferrara, Italy.  (Photo by Pier Marco Tacca/Getty Images) Jika Serie A terus berlanjut berpeluang memmunculkan masalah terkait kontrak pemain (Foto: Getty Images/Pier Marco Tacca)
Roma -

Ketua Asosiasi Pesepakbola Italia,Damiano Tommasi, menilai kontrak pemain akan bermasalah jika Serie A terus bergulir. Banyak pemain kontraknya habis Juni ini.

Liga Italia tengah ditangguhkan paling tidak hingga 3 April akibat mewabahnya Virus Corona. Namun melihat situasi terkini, Serie A kemungkinan besar tak akan bisa kembali bergulir dalam waktu dekat.

Pasalnya, persebaran Covid-19 sudah begitu masif di Negeri Pizza. Kasus Virus Corona di Italia sudah menyentuh angka 41.035 dengan 3.405 orang di antaranya meninggal dunia. Kebijakan lockdown juga sudah diberlakukan pemerintah Italia.

Hal ini membuat Tommasi mengungkapkan bahwa kemungkinan Serie A musim ini tak akan dilanjutkan cukup terbuka lebar. Meskipun, waktu kompetisi kini sudah lebih fleksibel karena Piala Eropa 2020 diundur ke tahun 2021.

Mantan pemain AS Roma ini menilai masalah kontrak pemain bakal menjadi halangan utama Serie A untuk terus bergulir. Pasalnya, banyak pemain yang kontraknya di klub saat ini akan habis akhir Juni ini.

"Ada sejumlah pemain yang harus menghormati aturan kontrak yang sudah mereka tanda tangani dengan klub lain dan mulai berlaku 1 Juli. Ada juga yang saat ini statusnya hanya pinjaman. Ada pula yang nantinya bebas transfer," jelas Tommasi dikutip dari Football Italia.

"Pada 30 Juni, klub harus menunjukkan anggaran keuangan mereka dan itu akan masalah bagi. Penundaan ini harus dikaji, moratorium akan dibuat terkait perpanjangan perjanjian kontrak pemain."

"Kami tidak melebih-lebihkan soal hal ini. Awal musim depan juga tidak dapat ditunda terlalu jauh dari jadwal karena akan ada Euro," tambahnya.



Simak Video "Serie A Lanjut Lagi 20 Juni, Coppa Italia Seminggu Lebih Awal"
[Gambas:Video 20detik]
(pur/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com