sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 10 Sep 2020 20:17 WIB

FIFA Minta Italia Izinkan Fans Kembali ke Stadion

Randy Prasatya - detikSport
VERONA, ITALY - OCTOBER 05:  Players of Hellas Veroan and UC Sampdoria line up with the logo celebrating the 90th annyversary of the Serie A  during the Serie A match between Hellas Verona and UC Sampdoria at Stadio Marcantonio Bentegodi on October 5, 2019 in Verona, Italy.  (Photo by Alessandro Sabattini/Getty Images) Serie A Italia masih belum mengizinkan fans ke stadion. (Foto: Alessandro Sabattini/Getty Images)
Jakarta -

Presiden FIFA, Gianni Infantino, bertemu dengan Perdana Menteri Italia, Giuseppe Conte. Infantino meminta fans diizinkan kembali ke stadion.

Italia salah satu negara di Eropa yang punya kasus virus corona sangat tinggi. Sejauh ini sudah ada lebih dari 282 ribu kasus dengan 211 ribu orang lebih sembuh dan 35.577 meninggal dunia.

Imbas dari pandemi virus corona, sepakbola di Italia juga ikut digelar tanpa penonton. Sama seperti di negara-negara belahan dunia lainnya.

Nah, Infantino justru mendesak Italia untuk kembali membuka stadion untuk para fans. Menurut AP, permintaan itu disampaikan langsung dalam pertemuan dengan Conte beserta didampingi ole Peresiden sepakbola Italia, Gabriele Gravina, Rabu (9/9/2020) waktu setempat. Padahal, jumlah orang yang terpapar corona saat ini mencapai 1.000 kepala per hari dalam beberapa pekan terakhir.

"Ini adalah perjalanan pertama saya ke luar negeri pasca-COVID dan tepat untuk memulai dari Italia, yang sangat menderita. Saya juga sangat menderita sebagai emigran," kata Infantino, yang merupakan seorang Swiss-Italia.

FIFA sejauh ini sudah memberikan bantuan ke federasi sepakbola di dunia selama pandemi. Saat ini belum ada niat untuk mengucurkan bantuan kedua.

"Untuk saat ini kami akan berhenti di situ, tetapi jika lebih banyak yang dibutuhkan kami akan lihat. Meskipun Swiss adalah negara bank, kami tidak memiliki mesin untuk mencetak uang," tegasnya.

Sejak akhir pekan lalu, Conte sudah dengan tegas menentang pembukaan kembali stadion untuk para fans.

"Sejauh yang saya ketahui, pergi ke stadion berarti tak bisa menghindari terjadinya kerumunan, tidak hanya di tribun tapi juga untuk masuk dan keluar. Ini benar-benar tidak tepat," kata Conte pada Sabtu lalu.

(ran/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com