Diego Maradona Diabadikan Jadi Nama Stasiun di Naples

Bayu Baskoro - Sepakbola
Sabtu, 05 Des 2020 21:37 WIB
Diego Maradona diabadikan menjadi nama salah satu stasiun di Kota Naples pada Sabtu, 5 Desember 2020.
Diego Maradona diabadikan menjadi nama stasiun bawah tanah di Naples. (Foto: dok. Napoli)
Naples -

Nama Diego Maradona kembali diabadikan di salah satu tempat di Kota Naples. Sebuah stasiun bawah tanah diubah namanya untuk mengenang El D10S.

Maradona mendapatkan tempat tersendiri di hati masyarakat Naples. Bintang Argentina itu pernah bermain di Napoli pada 1984 hingga 1991 dan meraih sukses di sana.

Maradona berhasil membawa Napoli meraih dua titel Liga Italia, satu Coppa Italia dan Piala Super Italia, serta sebiji trofi Piala UEFA. Pencapaiannya itu tak hanya mengangkat prestasi Partenopei, melainkan juga harkat dan martabat warga Naples.

Ketika Diego Maradona meninggal dunia pada 25 November 2020, warga Naples menjadi salah satu yang paling berduka atas kepergiannya. Berbagai penghormatan pun diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada Si Tangan Tuhan.

Stadion terbesar di Naples yang juga menjadi markas Napoli, San Paolo, diubah namanya menjadi Stadion Diego Armando Maradona. Nama tersebut sudah diresmikan pemerintah Kota Naples dan manajemen Napoli pada Jumat (4/12/2020).

Melansir Football Italia, tidak hanya Stadion San Paolo saja yang diubah namanya menjadi nama Maradona. Salah satu stasiun bawah tanah di Kota Naples turut diganti namanya guna menghormati peraih juara Piala Dunia 1986 itu.

Adalah Stasiun Metro Cumana yang kini berubah namanya menjadi Mostra-Stadio Maradona. Stasiun tersebut turut disulap menjadi seperti museum buat Maradona dan Napoli.

Beberapa dinding di stasiun tersebut diberi mural Diego Maradona saat masih berseragam Napoli. Gambar-gambar tersebut turut menceritakan tentang sejarah klub di selatan Italia tersebut.

Peresmian nama Mostra-Stadio Maradona digelar pada Sabtu (5/12). Presiden Napoli, Aurelio de Laurentiis, serta striker Victor Osimhen turut hadir dalam acara tersebut.



Simak Video "Fans Berkumpul di Depan Rumah Mendiang Maradona"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/pur)