Venezia Kembali ke Serie A Setelah 20 Tahun Absen

Putra Rusdi K - Sepakbola
Jumat, 28 Mei 2021 08:30 WIB
VENICE, ITALY - MAY 27: Luca Fiordilino of Venezia FC celebrates being promoted to Serie A after the Serie B Playoffs Final match between Venezia FC and AS Cittadella at Stadio Pier Luigi Penzo on May 27, 2021 in Venice, Italy. (Photo by Nicolo Zangirolami/Getty Images)
Venezia promosi ke Serie A. (Foto: Getty Images/Getty Images)
Venezia -

Venezia menyusul Empoli dan Salernitana promosi ke Serie A. I Lagunari mengakhiri penantian selama 20 tahun untuk kembali bermain di kasta tertinggi.

Kepastian Venezia naik kasta ke Serie A didapat usai mereka menahan imbang 1-1 Cittadella pada leg kedua final play-off promosi, Jumat (28/5/2021) dini hari WIB. Bermain di kandang sendiri, Stadio Pierluigi Penzo, Venezia, justru tertinggal lebih dulu di menit ke-26 akibat gol dari Federico Proia.

Situasi kemudian menjadi serba sulit untuk tuan rumah. Pasalnya, mereka harus kehilangan dua pemain yaitu Pasquale Mazzocchi dan Mattia Aramu.

Namun, keajaiban justru hadir untuk Venezia di menit akhir laga. Riccardo Bocalon mencetak gol penyama kedudukan di menit ke-90+3.

Hasil imbang ini membuat Venezia unggul secara agregat 2-1. Pada leg pertama di kandang Cittadella, tim besutan Paolo Zanetti ini menang 1-0 lewat gol tunggal Francesco Di Mariano.

Venezia berhasil menyegel tiket promosi ke Serie A. Mereka kembali kasta tertinggi setelah 20 tahun absen.

Terakhir kali Venezia bermain di Serie A adalah pada musim 2001/2002. Setelah itu, mereka harus berkutat di kasta bawah, bahkan pernah hingga dua kali terdegradasi ke Serie D pada 2009 dan 2015. Venezia juga sempat dinyatakan bangkrut pada akhir musim 2004/2005.

Venezia menyusul Empoli dan Salernitana yang sudah lebih dulu promosi ke Serie A usai menempati peringkat pertama dan kedua di Serie B. Promosinya Venezia ini jelas menjadi sebuah kejutan.

Ini karena pada musim reguler, mereka hanya finis di peringkat kelima. Mereka harus menjalani play off sejak babak preliminary round.

Di babak preliminary Round, Venezia mengandaskan Chievo Verona lewat perpanjangan waktu 3-2. Di semifinal play-off, Niki Maenpaa dkk kembali tampil apik dengan mengalahkan Lecce secara agregat 2-1. Hingga akhirnya di final, mereka memastikan promosi berkat menyingkirkan Cittadella.



Simak Video "Prediksi Juventus VS Lazio Bareng Juventus Club Indonesia Medan dan Lazio Indonesia Semarang"
[Gambas:Video 20detik]
(pur/adp)