Juventus: Allegri, Minnesota, dan Ucapan yang Menjadi Nyata

Adhi Prasetya - Sepakbola
Sabtu, 29 Mei 2021 08:30 WIB
TURIN, ITALY - MAY 19: Head coach Massimiliano Allegri of Juventus celebrates during the awards ceremony after winning the Serie A Championship during the Serie A match between Juventus and Atalanta BC on May 19, 2019 in Turin, Italy. (Photo by Tullio M. Puglia/Getty Images)
Allegri pernah bertaruh pacuan kuda dengan menjagokan kuda bernama Minnesota. Foto: Tullio M. Puglia/Getty Images)
Jakarta -

Juventus tak langsung mengumumkan kembalinya Massimiliano Allegri, melainkan bermain kode terlebih dahulu. Salah satunya adalah peta negara bagian Minnesota, Amerika Serikat. Ada kisah menarik di baliknya.

Pada Jumat (28/5/2021), publik menantikan pengumuman resmi pemecatan Andrea Pirlo dan penunjukan kembali Allegri, setelah sehari sebelumnya jurnalis Sky Sport Italia Fabrizio Romano membocorkan kabar tersebut.

Pengumuman pertama dilakukan Juventus tanpa basa-basi pada sore WIB. Surat ucapan terima kasih dilayangkan kepada Pirlo yang harus angkat kaki dari Vinovo. Trofi Coppa Italia dan tiket ke Liga Champions musim depan tak cukup untuk membuatnya bertahan.

Publik lalu menanti pengumuman yang kedua. Tapi alih-alih memberi pernyataan langsung, Juventus lebih dulu mengunggah gambar peta Minnesota di media sosial. Tak sedikit yang bingung, namun banyak juga yang langsung tertawa, paham bahwa itu adalah kode Allegri.



Baru sejam setelahnya Juventus mengumumkan bahwa Allegri adalah allenatore mereka yang baru. Itu juga setelah Bianconeri memberi kode kedua 30 menit sebelumnya, yakni berupa jas yang dilempar, sebuah ekspresi yang pernah dilakukan Allegri di pinggir lapangan.

Kembali ke Minnesota. Usut punya usut, itu adalah nama kuda balap yang pernah menghiasi masa kecil Allegri di Livorno. Ia pernah menceritakannya pada 2018 lalu di depan media, di periode pertamanya melatih Juventus.

"Dulu saya suka menonton pacuan kuda dengan kakek saya, bahkan di usia lima tahun," kata Allegri waktu itu, seperti diarsipkan Football Transfers.

Kemudian suatu waktu, Allegri memutuskan untuk ikut taruhan. Ia memasang Minnesota sebagai jagoan. Namun keputusannya itu ditertawakan oleh si bandar.

"Lebih mudah bagimu melatih klub di Serie A suatu hari nanti ketimbang Minnesota memenangi balapan," kata bandar tersebut, menjelaskan betapa mediokernya kuda pilihan Allegri itu. Namun ternyata prediksi Allegri tepat.

Minnesota akhirnya memenangi balapan. Beberapa tahun kemudian, Allegri pun memulai karier sebagai pesepakbola, menjalani karier profesional selama hampir 20 tahun, kemudian menjadi pelatih di Serie A. Kali ini, ucapan sang bandar terbukti.

"Minnesota memenangi balapan dan sekarang saya pelatih Juventus," kata Allegri. Sekitar tiga tahun usai menceritakan kisah itu, Allegri pun kembali ke Allianz Stadium sebagai pelatih, memulai periode keduanya bersama Si Nyonya Tua.

(adp/bay)