Jose Mourinho Pakai Drone untuk Pantau Pemain AS Roma

Kris Fathoni W - Sepakbola
Senin, 19 Jul 2021 19:10 WIB
LONDON, ENGLAND - MARCH 14: Jose Mourinho, Manager of Tottenham Hotspur looks on following the Premier League match between Arsenal and Tottenham Hotspur at Emirates Stadium on March 14, 2021 in London, England. Sporting stadiums around the UK remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors. (Photo by Dan Mullan/Getty Images)
Jose Mourinho Pakai Drone untuk Pantau Pemain AS Roma. Foto: Getty Images/Dan Mullan
Jakarta -

Jose Mourinho terus melakukan perubahan di AS Roma yang kini mulai dilatihnya. Salah satunya adalah dengan pemakaian drone untuk memantau pemain.

Pemantauan terhadap pemain AS Roma oleh drone itu sendiri tidak dilakukan setiap saat, melainkan hanya saat latihan. Bersamaan dengan itu pula, sebuah layar raksasa kini dipasang di pusat latihan Trigoria.

Dengan drone tersebut mengawasi dari ketinggian, Mourinho dan staf pelatihnya berharap dapat melihat lebih saksama saat para pemain AS Roma berlatih, semisal mengenai disiplin pada posisi. Selain itu, penggunaan drone tersebut juga diyakini bisa bikin Jose Mourinho dan stafnya dapat melihat hal-hal yang biasanya luput dari pemantauan mata telanjang.

Dilansir SportBible, hasil tangkapan gambar dari drone tersebut juga akan diperlihatkan di layar raksasa yang telah dipasang. Dari situ, Jose Mourinho sekaligus bisa memperlihatkan dan langsung mengoreksi kesalahan dari pemain AS Roma.




Hal itu menjadi gebrakan paling anyar Jose Mourinho setelah mulai menjalani aktivitas sebagai pelatih di klub barunya. Sebelum ini ia kabarnya juga sudah 'memarkir' delapan pemain dari latihan pertama tim di pramusim AS Roma.

Sementara pemanfaatan teknologi seperti penggunaan drone dan layar raksasa ini terindikasi baru dilakukan oleh Jose Mourinho. Paling tidak, menurut SportBible, tidak ada laporan serupa semasa ia melatih klub sebelumnya, Tottenham Hotspur.

Hal semacam itu sejatinya juga tidak bisa dikatakan sebagai sebuah terobosan. Julian Nagelsmann, yang kini melatih Bayern Munich, sebelumnya juga pernah memasang layar raksasa serupa di pusat latihan Hoffenheim -- semasa menangani klub tersebut.

Saat itu, Nagelsmann bukan cuma ingin memperlihatkan hal serupa seperti Jose Mourinho ke para pemain tapi juga menggunakannya sebagai media untuk 'membedah' kekuatan lawan yang akan dihadapi di laga berikutnya.

(krs/yna)