Eks Pelatih Italia Gian Piero Ventura Umumkan Pensiun jadi Pelatih

Adhi Prasetya - Sepakbola
Jumat, 12 Nov 2021 18:40 WIB
SALERNO, ITALY - NOVEMBER 30: Gian Piero Ventura coach of US Salernitana looks on before the Serie B match between US Salernitana and Ascoli Calcio on November 30, 2019 in Salerno, Italy. (Photo by Francesco Pecoraro/Getty Images for Lega B)
Gian Piero Ventura pensiun dari dunia kepelatihan. Foto: Getty Images for Lega B/Francesco Pecoraro
Jakarta -

Gian Piero Ventura memutuskan pensiun dari dunia kepelatihan. Pria 73 tahun itu merasa sudah waktunya ia beristirahat.

Hal itu diumumkannya lewat wawancara dengan Tuttomercatoweb, Jumat (12/11/2021). Sepanjang kariernya, Ventura setidaknya pernah menangani 20 klub berbeda di Italia. Ia juga pernah melatih timnas pada periode 2016-2017.

"Saya sudah memutuskan untuk berhenti melatih, saya tak mau memikirkan soal sepakbola lagi," ujar Ventura.

"Saya pikir sudah waktunya saya untuk pensiun setelah 37 tahun berkutat dengan sepakbola, dengan banyak momen yang memuaskan, juga beberapa momen negatif. Saya ingin melanjutkan hidup, menikmati hidup," jelasnya.

Sepanjang kariernya, Ventura tak pernah melatih tim-tim besar. Tim yang paling lama ia tangani adalah Torino pada 2011-2016.

Ia sempat membawa Granata finis di posisi tujuh Serie 2013/14. Semusim berselang, membawa Fabio Quagliarella dkk berhasil menembus 16 besar Liga Europa.

Kiprahnya bersama Torino membuat FIGC tertarik merekrutnya menjadi pelatih Timnas Italia setelah Antonio Conte pada 2016. Namun bukan perbaikan yang didapat, melainkan sebaliknya.

Bersama Ventura, Italia untuk pertama kalinya dalam 50 tahun gagal lolos ke Piala Dunia. Di babak play-off, Gli Azzurri takluk 0-1 secara agregat dari Swedia. Ventura pun dicopot dari jabatannya, dan namanya tak lagi harum sejak itu.

Sekitar setahun setelah dipecat Italia, barulah Ventura mendapat pekerjaan melatih lagi, kali ini menangani Chievo Verona, namun hanya bertahan sekitar 5 pekan karena gagal memberi kemenangan dalam 4 laga.

Ia kemudian melatih Salernitana di Serie B pada musim 2019/20, namun dilepas setelah gagal meraih tiket promosi ke Serie A. Tak ada lagi yang menyewa jasanya sejak itu.

Ventura pun kini mendukung Italia segera mengunci tiket lolos ke Piala Dunia, dan menjadi juara untuk kelima kalinya. Saat ini Gli Azzurri ditangani Roberto Mancini, pengganti Ventura, yang berhasil mengangkat martabat sepakbola Italia dengan menjadi juara Euro 2020.

"Semoga Mancini sukses selalu, sehingga bisa membawa Italia ke Piala Dunia tahun depan dan memenanginya," harap Ventura.

(adp/ran)