Dusan Vlahovic Makin Tajam dan Mengerikan di Serie A

Adhi Prasetya - Sepakbola
Senin, 22 Nov 2021 16:45 WIB
FLORENCE, ITALY - OCTOBER 31: Dusan Vlahovic of ACF Fiorentina looks on during the Serie A match between ACF Fiorentina and Spezia Calcio at Stadio Artemio Franchi on October 31, 2021 in Florence, Italy.  (Photo by Gabriele Maltinti/Getty Images)
Vlahovic tampil tajam di musim ini bersama Fiorentina. Foto: Getty Images/Gabriele Maltinti
Jakarta -

Dusan Vlahovic tengah jadi sorotan pecinta Serie A. Ia berstatus top skor Liga Italia untuk sementara musim ini dan menjadi incaran klub-klub besar.

Di musim keempatnya bersama Fiorentina, ketajaman Vlahovic di depan gawang lawan semakin menjadi-jadi. Sudah 10 gol dibuatnya dari 13 laga Serie A sejauh ini, padahal di musim lalu ia butuh 26 laga untuk bisa mencapai torehan yang sama.

AC Milan menjadi korban terbaru pemuda 21 tahun kelahiran Belgrade, Serbia itu. Dua gol cantik ia ciptakan ke gawang Ciprian Tatarusanu, membantu Fiorentina menang 4-3, membuat Milan merasakan kekalahan pertama Serie A musim ini.

Dalam proses dua gol tersebut, kualitas Vlahovic sebagai bomber nomor 9 yang mengerikan pun terlihat. Pada gol pertamanya, ia menunjukkan kualitasnya dalam membaca situasi, kemudian memposisikan diri dengan baik saat menerima umpan serangan balik.

Ketenangan dan kepercayaan diri dalam berduel satu lawan satu membuatnya tak terburu-buru menembak bola, melainkan melewati kiper lebih dulu untuk menuntaskan dengan tembakan ke gawang kosong.

Pada gol kedua, ia juga menunjukkan keberanian dan akurasi membidik arah bola. Bola liar yang diterimanya langsung ia arahkan ke sudut kiri gawang Milan dan sukses menjadi gol. Bukan sekadar asal tembak dan berharap keajaiban terjadi.

Tak cuma itu, Vlahovic pun mahir dalam urusan bola mati. Musim ini, ia sudah mencetak gol lewat tendangan bebas ataupun penalti. Meningkatnya kualitas Vlahovic juga memberi keuntungan bagi Fiorentina yang sudah memboyongnya sejak remaja.

Di musim ini, jika Vlahovic mencetak gol, Fiorentina selalu pulang dengan kemenangan. Ia juga sudah 'panas' sejak awal musim, bukan seperti musim lalu, dimana 14 dari 21 gol yang ia cetak baru hadir di paruh kedua musim.

Peforma Vlahovic di musim lalu sebetulnya sudah menarik banyak minat klub-klub besar. Atletico Madrid menginginkannya, begitu pula dengan Inter Milan dan Tottenham Hotspur. Namun ia memilih tetap bertahan di Florence.

Hanya saja, Vlahovic tampak tak akan memperpanjang kontraknya yang akan habis pada 2023. Ini yang membuat Fiorentina kemungkinan akan menjualnya di musim panas mendatang. Talenta sebesar Vlahovic terlalu sayang jika dilepas gratis ke klub besar.

LISBON, PORTUGAL - NOVEMBER 14: Dusan Vlahovic of Serbia during the 2022 FIFA World Cup Qualifier match between Portugal and Serbia at Estadio Jose Alvalade on November 14, 2021 in Lisbon, Lisboa. (Photo by Carlos Rodrigues/Getty Images)Vlahovic juga sudah dipanggil membela Timnas Serbia, membawa negaranya lolos ke Piala Dunia 2022. Foto: Getty Images/Carlos Rodrigues

Eks striker Fiorentina dan Timnas Italia, Alberto Gilardino pun memuji Vlahovic. Ia menganggap pemain muda terbaik Serie A musim lalu itu sudah siap tampil di klub besar.

"Dia tipe penyerang tengah modern. Banyak bergerak, kuat dalam penguasaan bola, serta dua kakinya pun sama baik," ujar Gilardino kepada La Gazzetta dello Sport.

"Kamu bisa memahami jika dia sudah siap bergabung dengan klub top, dia selalu mengerahkan segenap kemampuan dan itu salah satu hal baik yang patut dipuji, meski sulit membahas situasi kontraknya," jelas pria yang pernah memenangi Piala Dunia dan Liga Champions itu.

(adp/krs)