Juventus Degradasi jika Terbukti Palsukan Laporan Keuangan!

Randy Prasatya - Sepakbola
Senin, 29 Nov 2021 19:39 WIB
VERONA, ITALY - OCTOBER 30: Paulo Dybala and Federico Chiesa of Juventus reacts during the Serie A match between Hellas and Juventus at Stadio Marcantonio Bentegodi on October 30, 2021 in Verona, Italy. (Photo by Alessandro Sabattini/Getty Images)
Juventus sedang diselidiki dugaan pemalsuan laporan keuangan. (Foto: Getty Images/Alessandro Sabattini)
Jakarta -

Juventus sedang diselidiki terkait dugaan pemalsuan laporan keuangan. Jika terbukti, Bianconeri bisa dipaksa degradasi ke Serie B Liga Italia.

Presiden Andrea Agnelli, Wakil Presiden Pavel Nedved, hingga eks Direkur Olahraga Fabio Paratici yang kini bekerja untuk Tottenham Hotspur sedang diinvestigasi pihak berwajib. Ada pula tiga orang lainnya yang berasal dari bagian komersial klub.

Guardia di Finanza (otoritas hukum di Italia yang mengurus kasus kejahatan keuangan) sudah mendatangi kantor Juventus pada pekan lalu. Mereka mencari informasi dan mengambil sejumlah dokumen penting selama 2018-2021 untuk penyelidikan.

Jaksa Penuntut Umum di Turin membuka kasus ini setelah CONSOB (badan pemerintah Italia yang mengawasi pasar sekuritas) melakukan pemeriksaan pada Juli lalu dan COVISOC (badan pengawas klub-klub sepakbola di Italia) juga memberikan laporan yang diinvestigasi oleh Jaksa Federal.

COVISOC beranggapan ada sejumlah kasus terkait pengambilan keuntungan dari transfer pemain yang perlu diinvestigasi, salah satunya pertukaran antara Miralem Pjanic dan Arthur Melo pada 2020 lalu. Sekarang, Juventus juga masuk dalam investigasi kriminal, dengan pergerakan keuangan senilai 50 juta Euro.

Juventus tak boleh memandang hal ini secara remeh. Si Nyonya Tua bisa dijebloskan ke Serie B andai terbukti bersalah dan gelar juara pada periode 2018-2021 bisa dicopot.

Hal tersebut diutarakan oleh Presiden CODACONS (lembaga perlindungan konsumen dan lingkungan Italia), yang juga terhubung dengan CONI Italia. Simak pernyataan darinya di halaman berikutnya!