Salernitana Butuh Pemilik Baru, atau Dikeluarkan dari Serie A!

Adhi Prasetya - Sepakbola
Rabu, 08 Des 2021 12:00 WIB
SALERNO, ITALY - NOVEMBER 21: Riccardo Gagliolo and Norbert Gyomber of US Salernitana stand disappointed during the Serie A match between US Salernitana and UC Sampdoria at Stadio Arechi on November 21, 2021 in Salerno, Italy. (Photo by Francesco Pecoraro/Getty Images)
Salernitana terancam dikeluarkan dari Serie A. Foto: Getty Images/Francesco Pecoraro
Jakarta -

Salernitana terancam dikeluarkan dari Serie A. Sebabnya, klub berlogo kuda laut itu belum kunjung menemukan pemilik baru.

Salernitana berada di tangan blind trust sejak musim ini setelah pemilik aslinya, yakni Claudio Lotito, dilarang memegang kendali. Sebabnya, Lotito juga memiliki klub Serie A lainnya, yakni Lazio.

Aturan di Italia melarang seseorang memiliki dua klub yang bertanding di level kompetisi yang sama. Itulah sebabnya manajemen Salernitana, yang berstatus tim promosi, diberikan kepada blind trust selaku pihak ketiga, dengan target mencari pemilik baru.

Dilaporkan Tuttomercatoweb dan dikutip Football Italia, Salernitana diberi tenggat sampai 31 Desember mendatang untuk mencari pemilik baru. Sudah ada tiga proposal yang masuk, namun Federasi Sepakbola Italia (FIGC) masih tak yakin dengan ketiga proposal tersebut.

Dalam sepekan ke depan, diharapkan calon resmi pembeli klub sudah diumumkan oleh pihak Salernitana. FIGC berharap masalah ini bisa diselesaikan sebelum tahun baru. Ancaman bagi Salernitana adalah didepak dari Serie A.

Musim ini, Salernitana sedang terperosok ke posisi juru kunci klasemen sementara Liga Italia. Hingga pekan ke-16, Franck Ribery dkk baru mengumpulkan 8 poin, hasil dari 2 kemenangan, 2 imbang, dan 12 kali kalah. Buruknya penampilan tim di lapangan diyakini terpengaruh oleh status kepemilikan klub yang belum jelas.

(adp/ran)