Cerita Christian Eriksen Meninggal Selama 5 Menit

Putra Rusdi K - Sepakbola
Rabu, 05 Jan 2022 13:08 WIB
DUBLIN, IRELAND - NOVEMBER 18: Christian Eriksen of Denmark applauds after the UEFA Euro 2020 qualifier between Republic of Ireland and Denmark so at Dublin Arena on November 18, 2019 in Dublin, . (Photo by Catherine Ivill/Getty Images)
Christian Eriksen: Saya Meninggal Selama Lima Menit Foto: Getty Images/Catherine Ivill
Swiss -

Christian Eriksen mengatakan dirinya meninggal lima menit saat kolaps di laga Denmark vs Finlandia. Ia berterima kasih untuk pihak yang membantunya pulih.

Kejadian tragis menimpa Eriksen pada Euro 2020 lalu. Ia ambruk di lapangan saat laga perdana Grup B antara Dernmark vs Finlandia.

Gelandang 29 tahun ini tak sadarkan diri akibat mengalami serangan jantung. Tim medis dan para pemain Denmark sigap merespon kejadian ini untuk langsung memberi pertolongan ke Eriksen.

Eriksen lalu dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan. Nyawa mantan gelandang Tottenham Hotspur ini bisa terselamatkan.

Denmark's players gather as paramedics attend to midfielder Christian Eriksen (not seen) during the UEFA EURO 2020 Group B football match between Denmark and Finland at the Parken Stadium in Copenhagen on June 12, 2021. (Photo by WOLFGANG RATTAY / various sources / AFP)(Photo by WOLFGANG RATTAY / various sources / AFP) Foto: AFP/Wofgang Rattay

Namun, Eriksen harus memakai alat pacu jantung (defribillator). Hal tersebut membuatnya harus memutuskan kontrak dengan Inter Milan. Pasalnya, Serie A melarang pemain yang menggunakan defribillator untuk bermain.

Meski sebenarnya, kondisi Eriksen perlahan membaik. Ia mulai berlatih sendiri di Swiss untuk menjaga kebugaraannya.

Eriksen sengat berterima kasih kepada semua pihak yang mendukungnya untuk pulih lagi. Mengingat begitu mengerikannya kejadian saat dirinya tak sadarkan diri di lapangan.

Ia mengaku meninggal selama lima menit di lapangan. Dukungan besar dari banyak pihak ini membuat Eriksen masih memelihara mimpi untuk bermain lagi. Ia bahkan bertekad untuk bermain di Piala Dunia 2022 bersama Denmark.

"Ini kejadian yang mengerikan, saya tak menyangka orang-orang mengirim bunga akibat saya meninggal selama lima menit. Itu sangat luar biasa, tapi ini adalah sesuatu hal yang baik dari semua orang," ujar Eriksen dalam wawancara dengan DR1 dikutip dari Football Italia.

"Orang-orang masih menulis pesan kepada saya. Saya mengucapkan terima kasih secara langsung kepada orang-orang, saya berterima kasih kepada para dokter, rekan tim saya, dan keluarga mereka g."

"untuk semua penggemar yang telah mengirim ribuan surat, email, dan bunga, atau yang mendatangi saya di jalan di Italia dan Denmark, saya berterima kasih kepada mereka semua atas dukungan yang saya dapatkan dari seluruh dunia yang membantu saya melalui ini," jelasnya.

(pur/krs)