Fikayo Tomori Cedera Lutut, Milan Krisis Bek

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Sabtu, 15 Jan 2022 03:00 WIB
MILAN, ITALY - JANUARY 13: Fikayo Tomori of AC Milan leaves the pitch with an injury during the Coppa Italia match between AC Milan and Genoa CFC at Stadio Giuseppe Meazza on January 13, 2022 in Milan, Italy. (Photo by Marco Luzzani/Getty Images)
Fikayo Tomori absen beberapa pekan usai operasi lutut (Getty Images/Marco Luzzani)
Milan -

AC Milan mendapat kabar buruk di balik kelolosan mereka ke perempatfinal Coppa Italia. Fikayo Tomori mungkin harus absen beberapa pekan karena cedera lutut.

Tomori jadi starter saat Milan menghadapi Genoa di babak 16 besar, Jumat (14/1/2022) dini hari WIB. Sayangnya, Tomori cuma main 24 menit karena mengalami cedera lutut dan digantikan Alessandro Florenzi.

Beruntung Milan yang sempat tertinggal 0-1 di babak pertama akhirnya lolos setelah menang 3-1 lewat perpanjangan waktu. Setelah pertandingan, Tomori ternyata mengalami cedera ligamen lutut.

Cedera itu membuat Tomori harus menjalani operasi. Beruntung permasalahan lutut Tomori tidak serius dan cuma perlu beristirahat 3-4 pekan. Meski demikian, absennya Tomori tetap memukul Milan.

Sebab, bek asal Inggris itu baru saja kembali dari masa isolasi setelah dinyatakan positif COVID-19.

"Dia mengalami sakit luar biasa di lututnya, sehingga tidak bisa melanjutkan lagi. Fik adalah pemain sangat penting untuk kami dan saya harap cederanya tidak parah," ujar pelatih Milan, Stefano Pioli, di Football Italia.

Dengan absennya Tomori, Pioli bakal lebih pusing karena badai cedera di sektor bek tengah. Sebab, Milan sudah kehilangan Simon Kjaer hingga akhir musim dan Alessio Romagnoli masih dalam pemulihan cedera. Alhasil Milan cuma mengandalkan Matteo Gabbia sebagai bek tengah murni.

Untungnya Davide Calabria sudah kembali setelah sempat positif virus corona dan bisa bermain akhir pekan ini melawan Spezia. Sementara, Fikayo Tomori kemungkinan absen juga di dua laga setelahnya menghadapi rival, Juventus dan Inter Milan.

Tomori musim ini sudah tampil 23 kali di seluruh kompetisi dengan torehan satu gol. AC Milan saat ini berada di posisi kedua klasemen Serie A dengan 48 poin dari 21 laga, selisih satu angka dari Inter Milan di puncak.

(mrp/adp)