Milan Vs Spezia: Tumbang 1-2, Rossoneri Gagal Gusur Inter

Putra Rusdi K - Sepakbola
Selasa, 18 Jan 2022 02:31 WIB
Milan -

AC Milan tumbang 1-2 di kandang oleh Spezia akibat gol di menit akhir laga. Hasil ini membuat Rossoneri gagal menggusur Inter Milan dari puncak klasemen.

Milan menjamu Spezia di San Siro pada laga lanjutan Liga Italia, Selasa (18/1/2022) dini hari WIB. Tuan rumah tampil dominan di babak pertama.

Mereka memecah kebuntuan di menit akhir babak pertama melalui gol Rafael Leao pada menit 45+1. Namun, tekanan tuan rumah sedikit mengendur di babak kedua.

Hal tersebut dimanfaatkan Spezia untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-64 dari Kevin Agudelo. Milan kemudian memburu gol kemenangan di sisa laga.

Namun menjelang laga tuntas, Aquile yang justru bisa menggetarkan jala Mike Maignan dari Emmanuel Gyasi pada menit 90+6. Spezia menumbangkan Milan 1-2.

Hasil ini membuat Milan gagal menggusur Inter Milan di puncak klasemen. Milan berada di urutan kedua dengan 48 angka berjarak satu poin dari Si Ular. Sementara, Spezia di urutan ke-14 dengan 22 poin.

[Gambas:Opta]

Jalannya Pertandingan

Milan tampil menekan sejak awal laga. Ancaman berbahaya dihadirkan Rafael Leao pada menit ke-15.

Leao menusuk di sisi kiri kotak penalti Spezia lalu melepas sepakan mendatar. Namun, upayanya masih bisa dibendung dengan kaki oleh kiper Spezia, Ivan Provedel.

Provedel kembali beraksi pada menit ke-27. Ia bisa menahan tembakan Zlatan Ibrahimovic yang sebelumnya lepas dari perangkap offside pemain Spezia.

Tim tamu berusaha lepas dari tekanan Milan. Spezia coba mengancam dari percobaan Daniele Verde dari dalam kotak penalti di menit ke-29. Namun, tembakannya masih bisa diamankan Mike Maignan.

Pada menit ke-41, Alexis Saelemaekers melepas sepakan melengkung terukur dari tepi sisi kanan kotak penalti. Provedel masih sigap dengan terbang menepis bola.

Penampilan apik Provedel tercoreng oleh blundernya pada menit ke-43. Provedel tak cukup baik mengontrol bola backpass.

Bola bisa dicuri oleh Leao saat Provedel berusaha menyapu bola. Wasit kemudian menunjuk titik putih usai meninjau VAR akibat ayunan kaki Provedel mengenai Leao.

Theo Hernandez yang maju sebagai eksekutor membuang kesempatan membawa Milan unggul. Tembakannya dari titik 12 pas melebar ke sisi kiri gawang Spezia.

Kegagalan penalti ini tak diratapi lama-lama oleh Il Diavolo. Menjelang babak pertama tuntas, mereka bisa memecah kebuntuan.

Umpan panjang Rade Krunic dari lini tengah menjangkau Leao. Ia dengan tenang menchip bola untuk memperdayai Provedel.

AC Milan's Rafael Leao, left, scores against Spezia during a Serie A soccer match between AC Milan and Spezia, at the San Siro stadium in Milan, Italy, Monday, Jan.17, 2022. (AP Photo/Luca Bruno)(AP Photo/Luca Bruno) Foto: AP/Luca Bruno

Skor 1-0 untuk keunggulan Milan bertahan hingga babak pertama tuntas.

Selepas jeda, situasi tak banyak dengan Milan masih memegang kendali laga. Pasukan Stefano Pioli hampir menggandakan keunggulan di menit ke-57.

Leao yang berakselerasi dari sisi kiri melepas umpan ke tiang dekat yang disambar Saelemeakers. Namun, Provedel masih bisa menahan bola dengan kakinya.

Terus menekan, lini belakang Milan sempat lengah di menit ke-60. Kelvin Amian punya ruang di kotak penalti. Milan selamat dari kebobolan usai Maignan dapat membendung tembakan Amian.

Spezia perlahan bisa mengembangkan permainan memasukkan pertengahan babak kedua. Hasilnya mereka bisa menyamakan kedudukan di menit ke-64.

Umpan mendapat Verde dari sisi kiri menemui Kevin Agudelo yang tak terkawal di depan gawang. Sontekan Agudelo tak bisa diadang Maignan.

Milan kembali meningkatkan intensitas serangan usai kedudukan imbang. Meski demikian Spezia tetap memberi perlawanan sengit

Milan sempat menggetarkan jala Spezia di menit ke-90+2 lewat Junior Messias. Namun, wasit lebih dulu meniup peluit akibat Ante Rebic dilanggar sebelum Messias melepas tembakan. Di menit akhir, Ibrahimovic punya dua peluang emas dari eksekusi tendangan bebas dan sundulan menyambut sepak pojok.

Dua peluang ini semuanya dengan baik dimentahkan Provedel. Setelahnya, Spezia justru bisa mencetak gol kemenangan dari serangan balik cepat.

Umpan Kovalenko dari sisi kiri bisa dituntaskan Emmanuel Gyasi. Spezia menang 2-1.

Susunan Pemain

Milan: Mike Maignan; Alessandro Florenzi (Davide Calabria 70'), Pierre Kalulu, Matteo Gabbia, Theo Hernandez; Rade Krunic, Tiemoue Bakayoko; Alexis Saelemaekers (Junior Messias 57'), Brahim Diaz (Olivier Giroud
70'), Rafael Leao; Zlatan Ibrahimovic

Spezia: Ivan Provedel; Kelvin Amian, Martin Erlic, Dimitris Nikolaou, Arkadiusz Reca (Salvador Ferrer 77'); Giulio Maggiore, Jakub Kiwior, Simone Bastoni; Daniele Verde, Rey Manaj (Kevin Agudelo 58'), Emmanuel Gyasi.

(pur/ran)